7 Cara Menurunkan Asam Urat Tanpa Obat, Alami dan Ampuh

Selasa, 15 November 2022 - 05:00 WIB
loading...
7 Cara Menurunkan Asam Urat Tanpa Obat, Alami dan Ampuh
Cara menurunkan asam urat tanpa obat bisa dilakukan secara alami. Cara ini terbukti ampuh dan aman menurunkan kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan asam urat tanpa obat bisa dilakukan secara alami. Cara ini terbukti ampuh dan aman menurunkan kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh dan mencegah serangan yang menyakitkan.

Beberapa orang membutuhkan obat untuk mengobati asam urat, tetapi perubahan pola makan dan gaya hidup juga dapat membantu. Menurunkan asam urat dapat mengurangi risiko kondisi tersebut dan bahkan dapat mencegah flare.

Asam urat adalah jenis radang sendi yang berkembang ketika kadar asam urat darah sangat tinggi. Asam urat membentuk kristal di persendian, seringkali di kaki dan jempol kaki, yang menyebabkan pembengkakan parah dan menyakitkan.

Namun, risiko asam urat tergantung pada beberapa faktor, bukan hanya gaya hidup. Faktor risiko termasuk mengalami obesitas, menjadi laki-laki, dan memiliki kondisi kesehatan tertentu. Berikut cara menurunkan asam urat secara alami seperti dilansir dari Medical News Today, Selasa (15/11/2022).

Baca Juga: 10 Ikan Penyebab Asam Urat, Jangan Dikonsumsi Berlebihan

1. Batasi Makanan Tinggi Purin

Purin adalah senyawa yang terkandung secara alami dalam beberapa makanan. Saat tubuh memecah purin, akan menghasilkan asam urat. Beberapa makanan bergizi mengandung sejumlah besar purin, yang berarti seseorang harus mengurangi asupannya alih-alih menghilangkan semuanya.

Adapun makanan tinggi purin seperti ikan trout, tuna, haddock, sarden, ikan teri, kerang, dan ikan haring, kelebihan alkohol, termasuk bir dan minuman keras, makanan tinggi lemak, seperti bacon, produk susu, dan daging merah, termasuk daging sapi muda, jeroan, makanan dan minuman manis.

2. Konsumsi Makanan Rendah Purin

Beberapa makanan mengandung purin yang tinggi, yang lain memiliki tingkat yang lebih rendah. Seseorang dapat memasukkannya ke dalam makanan sehari-hari untuk membantu menurunkan kadar asam urat.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3259 seconds (10.101#12.26)