Buku 1.500 Inspirasi Jelajah Perjalanan Sandiaga Uno Diluncurkan, Zulkifli Hasan: Dia Punya Daya Juang Luar Biasa

Senin, 21 November 2022 - 23:58 WIB
loading...
Buku 1.500 Inspirasi Jelajah Perjalanan Sandiaga Uno Diluncurkan, Zulkifli Hasan: Dia Punya Daya Juang Luar Biasa
Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan saat menghadiri peluncuran buku bertajuk 1.500 Inspirasi Jelajah Perjalanan Sandiaga Uno. Foto/Aldhi Chandra/MPI
A A A
JAKARTA - Buku bertajuk 1.500 Inspirasi: Jelajah Perjalanan Sandiaga Uno karya Yuga Aden resmi dirilis. Selain dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno , peluncuran tersebut juga dihadiri oleh Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan.

Dalam kesempatan tersebut, Zulkifli Hasan yang sempat menjadi tim sukses dari Sandiaga Uno selama Pilpres 2019 lalu itu mengungkapkan sosok yang telah dikenal selama bertahun-tahun itu.

Ia menyebut, bahwa Sandiaga Uno merupakan salah satu sosok pekerja keras yang pernah ia kenal. Bahkan, meskipun dirinya juga memiliki kegigihan yang sama seperti Sandiaga, ia memastikan bahwa kegigiahan rekan sejawatnya itu melebihi dirinya.

“Ngomong-ngomong soal Sandi saya ini pekerja keras, jadi belum ada yang mengalahkan saya soal kerja. Saya bahkan 1 hari itu pernah 24 acara dalam satu hari itu. Itu tahun 2004 pas saya running DPR. Dan saya merasa belum ada yang bisa mengalahkan saya,” ungkap Zulkifli Hasan, di sela-sela acara, Senin, (21/11/2022).



“Eh, pas kampanye wapres waktu tahun 2019 saya baru tahu punya lawan berat. Kata kuncinya di sandi tuh dia punya daya juang yang luar biasa. Saya gak pernah dengar dia tuh capek. Orang kalau udah jiwanya tanggung pasti dia gak gampang menyerah,” lanjutnya.

Sebagai informasi, buku bertajuk 1.500 Inspirasi: Jelajah Perjalanan Sandiaga Uno tersebut merupakan catatan Yuga Aden ke 1.500 titik dari Sabang sampai Merauke saat mendampingi Sandiaga Uno pada Pilpres 2019 lalu.

Buku tersebut kurang lebih menggambarkan potret wajah aspirasi rakyat bawah, dari kelas pedagang pasar, petani, nelayan, pelaku ekonomi kreatif di pelosok negeri dengan cara tuturnya yang khas.

Tak hanya lewat tulisan yang runtut dan bertutur, Yuga Aden juga menyajikan beberapa kolase gambar foto yang kuat, sehingga menyajikan paparan deskripsi yang kuat dalam setiap perjalanan yang dilalui oleh Sandiaga Uno.

Sandiaga mengungkapkan, salah satu alasan dibuatnya buku inspiratif tersebut adalah karena ia ingin ada seseorang yang menulis tentang sebuah kegagalan yang dialami seseorang dalam berproses, salah satunya dalam dunia politik.

Pasalnya, menurutnya, perjalanan kegagalan seseorang bisa menjadi sebuah pelajaran berharga bagi para pembaca. Sehingga, mereka bisa mengetahui sebuah perjalanan yang harus dilalui sebelum mencapai sebuah kesuksesan.

“Saya bilang sama bang Yuga, waktu kami di pilkada bahwa kami bilang, saya ingin nulis tentang suatu proses yang belum berhasil. Karena saya percaya, kegagalan itu merupakan anak tangga untuk mencapai suatu proses kesuksesan,” tuturnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2309 seconds (0.1#10.140)