Kurangi Risiko Komplikasi Diabetes dengan Langkah Berikut Ini

Selasa, 22 November 2022 - 14:10 WIB
loading...
A A A
Pada acara yang sama, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Caesar Lagalinggo Givani, Sp.PD menjelaskan bahwa selain melakukan konsultasi, pasien perlu melakukan tindakan untuk mencegah dan menunda komplikasi diabetes dengan baik, seperti membuat pilihan makanan yang lebih sehat.

"3 hal yang perlu menjadi perhatian untuk menu makanan diabetes yaitu ukur jumlah kadar kalori yang masuk ke dalam tubuh kita ya maksimal 1500kkal/hari. Utamakan makanan rendah kolestrol, tinggi serat rendah Glikemiks Index (GI), dan sebisa mungkin hindari ya makanan yang mengandung banyak gula, karbohidrat. Pastikan 3 kali makan dalam sehari dan selingan 3 kali snack rendah GI, seperti sayur dan buah untuk cegah lonjakan gula darah," paparnya.

Selain mengatur pola makan sehat, pasien Diabetes perlu untuk melakukan kelola diabetes seperti menjaga HbA1c sesuai target yang ditetapkan untuk mengurangi risiko komplikasi seperti, tidak merokok, serta perbanyak aktivitas fisik dengan olahraga.

Baca juga: Madu Bantu Turunkan Tekanan Darah dan Kolesterol Tinggi, Ampuh Khasiatnya

"Beberapa tips latihan fisik untuk penyandang diabetes yang kita anjurkan adalah boleh dimulai dengan joging, senam, bersepada di dalam maupun luar ruangan, dan berenang juga bisa. Tujuan aktivitas fisik ini apa? Yaitu dapat membantu Diabetesi nanti nya dalam menurunkan kadar glukosa darah, bahkan meningkatkan sensivitas insulin, sehingga dapat menunda terjadi nya komplikasi Diabetes," tutup dr. Caesar.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)