Ini 5 Sayuran yang Baik untuk Penderita Asam Lambung

Rabu, 23 November 2022 - 22:21 WIB
loading...
Ini 5 Sayuran yang Baik untuk Penderita Asam Lambung
Mengubah pola makan tertentu dapat membantu dalam mencegah hingga mengatasi asam lambung naik. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Salah satu penyakit yang cukup banyak ditemui di masyarakat Indonesia adalah penyakit asam lambung . Penyakit ini memiliki gejala seperti timbulnya rasa nyeri ulu hati (heartburn), sensasi panas atau perih di dada hingga kerongkongan, rasa pahit dan asam yang muncul di pangkal tenggorokan.

Saat gejala asam lambung muncul, tentu timbul rasa tidak nyaman. Mengubah pola makan tertentu dapat membantu dalam mencegah hingga mengatasi asam lambung naik.

Tahukah kamu, ada beberapa sayuran yang aman dan baik untuk dikonsumsi saat menderita asam lambung? Kata aman tersebut sebenarnya memiliki makna bahwa jenis sayuran tersebut tidak berisiko atau tidak memicu refluks asam naik ke kerongkongan.

Baca juga: 6 Sayuran yang Efektif Atasi Bau Badan, Mudah Didapat

Dokter Rumah Sakit Universitas Indonesia (RS UI), dr. Wahyu Ika W, M.Biomed, M.Gizi, Sp.GK(K), dan Nur Hasanah, S.Gz merekomendasikan lima sayuran yang baik dikonsumsi penderita asam lambung berikut ini.

1. Bayam

Sayuran berserat seperti bayam bersifat basa, yang dapat membantu menjaga asam lambung tetap terkendali. Bayam juga kaya akan vitamin dan mineral dengan kandungan gula dan lemak yang rendah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sayuran hijau juga mengandung jenis gula tertentu yang membantu mendorong pertumbuhan bakteri usus yang baik.

2. Mentimun

Mentimun mengandung enzim yang disebut dengan protease yang berfungsi dalam pemecahan protein. Dengan demikian, mentimun membantu untuk lebih mudah mencerna nutrisi kaya protein. Enzim ini juga membersihkan usus dengan membunuh bakteri. Selain itu, mentimun termasuk dalam makanan basa dan dengan demikian menetralkan asam dalam tubuh dengan meningkatkan nilai pH.

3. Wortel
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1663 seconds (11.97#12.26)