Mengenal Frontline Perbatasan Korsel dan Korut yang Jadi Tempat Wajib Militer Jin BTS

Kamis, 24 November 2022 - 15:45 WIB
loading...
Mengenal Frontline Perbatasan Korsel dan Korut yang Jadi Tempat Wajib Militer Jin BTS
Jin BTS dikabarkan akan memulai wajib militer (wamil) pada 13 Desember 2022 dan ditempatkan di frontline. Ini merupakan perbatasan antara Korsel dan Korut. Foto/Facebook BTS
A A A
JAKARTA - Jin BTS dikabarkan akan memulai wajib militer (wamil) pada 13 Desember 2022 dan ditempatkan di frontline. Ini merupakan perbatasan antara Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) yang disebut-sebut sebagai wilayah berat.

Anggota tertua BTS itu akan menjalani pelatihan di frontline di kawasan Yeoncheon, provinsi Gyeonggi selama lima minggu. Jin kemudian akan kembali ditugaskan di unit perbatasan untuk menjalani sisa wajib militernya.

Sebelumnya, pemilik nama asli Kim Seok Jin ini seakan sudah memberi kode bahwa dirinya akan bertugas di frontline saat wajib militer. Hal tersebut diungkap Jin saat dirinya membalas postingan penggemar di aplikasi Weverse.

"Oppa, ulang tahunmu bulan depan. Apakah kamu bersemangat?" tanya penggemar dilansir dari Koreaboo, Kamis (24/11/2022).



"Tidak aku di frontline," jawab Jin.

Dilansir dari NK News, seorang mantan tentara frontline mengatakan bahwa realitas kehidupan militer di wilayah itu lebih rumit daripada yang terlihat. Memiliki tantangan yang lebih besar daripada unit lainnya tetapi juga memberikan hak istimewa tertentu dan bahkan kesenangan kecil.

“Unit-unit perbatasan selalu perlu waspada terhadap aktivitas militer Korea Utara, seperti infiltrasi, dan dapat mengambil tindakan segera dalam keadaan darurat,” kata Kolonel Jee Hong Ki selaku pensiunan tentara ROK, yang memegang posisi senior di unit-unit perbatasan.

“Ada perbedaan besar antara unit di zona demiliterisasi (DMZ) dan unit non-DMZ. Unit DMZ dalam siaga tinggi setiap saat. Ini berarti mereka memiliki hari libur yang lebih sedikit dibandingkan dengan pasukan lainnya," sambungnya.



DMZ membentang sepanjang Semenanjung Korea, memisahkan kedua Korea dengan pagar beraliran listrik dan petak-petak tanah yang dipenuhi ranjau.

Hwang Kyung Yoon, mantan tentara Korea lainnya mengaku ditempatkan kurang dari satu mil jauhnya (1,5 km) dari pos penjagaan Korea Utara setelah dia menjalani wajib militer di Brigade Infanteri ke-38 Korea Selatan sebagai pengintai. Dia mengingat waktunya sangat melelahkan secara fisik dan mental tetapi bermakna.

“Bertugas di frontline adalah kesempatan langka bagi saya untuk mengamati tentara Korea Utara. Banyak pikiran terlintas di benak saya saat bekerja di dataran tinggi tempat pertempuran paling berdarah terjadi selama Perang Korea," ujar Hwang Kyung Yoon.

Karena kedekatan mereka dengan Korea Utara, tentara frontline juga menghadapi peraturan yang lebih ketat daripada rekan mereka yang jauh dari perbatasan. Hwang Kyung Yoon ingat bahwa patroli perbatasan sangat menantang.



“Dulu ketika saya bertugas pada 2013, saya tidak diizinkan menggunakan telepon. Saya merasa sangat terputus dari dunia luar,” ucap Cho Kyung Bin yang bertugas di Divisi Infanteri ke-1 di Paju, timur laut Seoul.

“Kami harus bangun dan siap setiap hari pada pukul 5 pagi. Beberapa hari, kami bekerja tambahan enam jam bahkan setelah kembali dari patroli yang panjang," imbuh Hwang Kyung Yoon.

Namun, bertugas di frontline juga memiliki keuntungan. Menurut Cho Kyung Bin, mereka yang bertugas di unit ini akan lebih diperhatikan oleh militer Korea, termasuk soal urusan senjata yang canggih dan makanan.

“Karena kami berada di garis depan, militer merawat kami. Kami terkadang disuguhi es krim dan semangka. Peralatan kami, seperti senapan dan seragam kami, juga lebih baik dari unit lain," jelas Cho Kyung Bin.

Cho Kyung Bin juga menyebut bahwa kehidupan di perbatasan lebih sederhana daripada kehidupan tentara lainnya. “Saya menghabiskan waktu luang saya hanya dengan membaca buku dan berolahraga, tidak ada televisi, tidak ada komputer. Itu sebenarnya cukup bagus," tutup Cho Kyung Bin.

Sementara itu, Jin BTS diperkiran akan selesai wajib militer pada 13 Juni 2024.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)