Ikan Jenis Ini Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi, Jangan Dikonsumsi Berlebihan

Sabtu, 26 November 2022 - 05:30 WIB
loading...
Ikan Jenis Ini Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi, Jangan Dikonsumsi Berlebihan
Ada jenis ikan yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi awal dari masalah kesehatan yang serius, seperti serangan jantung atau stroke. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada jenis ikan yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi . Tekanan darah tinggi atau hipertensi, adalah awal dari masalah kesehatan yang serius, seperti serangan jantung atau stroke.

Sangat penting untuk menjaga tekanan darah dalam kisaran yang sehat. Sementara ikan seperti salmon sering dikenal baik untuk kesehatan, Anda harus membatasi konsumsi salmon asap jika khawatir dengan tekanan darah tinggi.

Dilansir dari Express, Sabtu (26/11/2022) ditandai dengan rasanya yang asin dan berasap, salmon asap menjadi makanan sarapan yang lezat. Ikan jenis ini biasanya dikonsumsi dengan telur orak-arik atau bagel keju.

Namun, Asisten Ahli Gizi untuk Konsensus Garam, Gula dan Kesehatan (CASSH) Sheena Bhageerutty memperingatkan bahwa ikan yang lezat ini dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

Baca Juga: 10 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Ampuh Tanpa Obat

“Salmon asap tinggi protein dan omega-3, tetapi kita sering mengabaikan kandungan garamnya yang tinggi. Teratur mengonsumsi makanan tinggi garam meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyebab utama penyakit jantung dan stroke,” kata Sheena.

Menurut Blood Pressure UK, makan terlalu banyak garam adalah penyebab tekanan darah tinggi terbesar. Garam membuat tubuh menahan air yang memberi tambahan air ke dalam darah.

Kondisi ini menyebabkan tekanan ekstra di dinding pembuluh darah Anda penyebab tekanan darah tinggi. Sementara kandungan garam yang tersembunyi di dalam salmon asap bervariasi dari satu toko ke toko lainnya. Salmon asap biasanya mengandung sekitar 1,5 gram bahan umum dalam setengah bungkusnya.

“Ini sudah seperempat dari asupan maksimum yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Asupan garam maksimum yang direkomendasikan adalah enam gram per hari, tetapi saat ini kita makan lebih banyak dari ini,” jelas Sheena.

Baca Juga: 6 Kebiasaan yang Bikin Tekanan Darah Naik, Nomor 4 Dilakukan Tiap Hari

Parahnya, tekanan darah tinggi sering disebut sebagai pembunuh diam-diam karena pelakunya cenderung tidak menunjukkan gejala apa pun yang dapat mengingatkan Anda akan kondisi tersebut.

“Jika seseorang sudah memiliki tekanan darah tinggi, konsumsi kelebihan garam secara teratur akan meningkatkannya lebih jauh dan meningkatkan risiko kondisi kesehatan lainnya, seperti penyakit kardiovaskular, stroke, kanker perut dan demensia,” ujar ahli.
(dra)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1887 seconds (11.97#12.26)