Data Rawan Dilacak Orang Lain, Kaum Milenial Harus Hati-Hati saat Berselancar di Media Sosial

Sabtu, 26 November 2022 - 19:31 WIB
loading...
Data Rawan Dilacak Orang Lain, Kaum Milenial Harus Hati-Hati saat Berselancar di Media Sosial
Generasi milenial dan gen Z diingatkan agar berhati-hati saat berselancar di media sosial, pasalnya tak jarang data kita dapat dilacak orang lain. / Foto: Tangkapan layar YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Kehidupan manusia saat ini sangat berkaitan erat dengan teknologi. Bahkan menurut data statistik ada 204,7 juta masyarakat Indonesia yang terkoneksi dengan internet .

IT Profesional, Dr. Pratama Persada mengingatkan bahwa hal tersebut perlu diwaspadai karena 95 persen hal-hal yang berada di internet isinya tidak bermanfaat.

"Kalau dilihat struktur internet misalnya website Perindo gampang kita baca. Tapi ada 94 persen di bawahnya itu dark web, deep web, yang didalamnya penuh dengan kejahatan," tutur Pratama dalam Podcast Aksi Nyata bertajuk Tips dan Trik Mengamankan Akun Medsos dari Serangan Hacker di kanal YouTube Partai Perindo , Sabtu (26/11/2022).

Baca juga: Diklaim Beberapa Negara ASEAN, Benarkah Kebaya Pakaian Asli Indonesia?

"Kalau mau beli senjata, narkoba, beli orang bisa, beli apapun bisa, banyak organisasi teroris dan lain sebagainya, biasanya penjahat ada di situ," lanjut dia.

Pratama memaparkan, sebagai generasi milenial dan gen Z pastinya harus berhati-hati saat berselancar di media sosial, pasalnya tak jarang data kita dapat dilacak orang lain.

Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan membuat password sembarangan dan sebaiknya ganti password secara berkala.



"Ketika diambil alih susah diambilnya, apalagi pakai password yang sama kayak media sosial dan email. Nah ini yang sering terjadi. Kadang kita mikir siapa yang mau nyerang dan ambil akun kita, padahal hacker enggak pilih kasih," paparnya.

"Ancaman selalu ada di internet dan enggak ada yang selamat. Kita hanya jadi korban dan calon korban karena semua data kita udah kesebar," katanya lagi.

Pratama pun menyarankan untuk mengecek kebocoran data kita melalui beberapa website salah satunya website, yaitu monitor.firefox.com.

Baca juga: 23 Tahun Hidup Bersama, Teuku Firmansyah Akui Cindy Fatika Sari Masih Suka Cemburu

"Di situ kemudian cek datanya bocor atau enggak. Ter-publish enggak di internet, ada miliaran akun yang bocor di sana," tutupnya.
(nug)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2359 seconds (10.101#12.26)