Apa Itu Chlamydia yang Bisa Tingkatkan Risiko Kemandulan Wanita? Kenali Gejala dan Cara Pengobatannya!

Minggu, 27 November 2022 - 08:38 WIB
loading...
Apa Itu Chlamydia yang Bisa Tingkatkan Risiko Kemandulan Wanita? Kenali Gejala dan Cara Pengobatannya!
Chlamydia atau klamidia adalah infeksi bakteri menular seksual. Penyakit ini bisa memengaruhi baik pria maupun wanita yang melakukan kontak seksual. Foto Ilustrasi/MedlinePlus
A A A
JAKARTA - Chlamydia atau klamidia adalah infeksi bakteri menular seksual. Penyakit ini bisa memengaruhi baik pria maupun wanita yang melakukan kontak seksual. Jika tidak segera diobati, chlamydia dapat meningkatkan risiko kemandulan, terutama bagi wanita.

Pada pria, penyakit ini menyerang saluran kencing, sedangkan pada wanita bisa terjadi di organ panggul.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), ada sekitar 1,8 juta kasus chlamydia di Amerika Serikat pada 2018. Ini adalah infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum di sana.

Chlamydia sering tidak menunjukkan gejala, tetapi dapat menyebabkan masalah kesuburan. Meski demikian, pengobatan yang efektif tersedia untuk penyakit ini.



Dilansir dari Medical News Today, Minggu (27/11/2022), kebanyakan orang dengan chlamydia tidak melihat gejala apa pun. Menurut penelitian yang dikutip oleh CDC, hanya sekitar 10% pria dan 5%–30% wanita yang mengalami gejala. Juga tidak jelas berapa lama gejala muncul, tetapi mungkin beberapa minggu.

Gejala Chlamydia pada Wanita

Pada wanita, gejala chlamydia mungkin termasuk:

- Keluarnya cairan dari serviks.

- Mudah berdarah.

- Buang air kecil yang sering atau menyakitkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)