Apa Itu Chlamydia yang Bisa Tingkatkan Risiko Kemandulan Wanita? Kenali Gejala dan Cara Pengobatannya!

Minggu, 27 November 2022 - 08:38 WIB
loading...
A A A
Metode Treatment

Siapa pun yang memiliki atau mencurigai mereka menderita chlamydia harus mencari pengobatan untuk mencegah konsekuensi kesehatan jangka panjang, termasuk kemandulan dan kehamilan ektopik.

Dokter biasanya akan meresepkan antibiotik untuk mengobati klamidia. Seseorang biasanya akan meminum antibiotik dalam bentuk pil. Satuan Tugas Layanan Pencegahan Amerika Serikat (USPSTF) merekomendasikan pengujian ulang setidaknya tiap 3 bulan setelah perawatan, tergantung pada faktor risiko individu.

Obat Antibiotik

Contoh antibiotik untuk klamidia meliputi:

- Azitromisin: Dosis tunggal 1 gram (g).

- Doksisiklin: 100 miligram (mg) dua kali sehari selama 7 hari.

- Ofloxacin: 300–400 mg sekali atau dua kali sehari selama 7 hari.

Pilihan obat lain termasuk eritromisin dan amoksisilin. Dokter mungkin meresepkan salah satunya selama kehamilan. Efek samping terkadang dapat terjadi seperti diare, sakit perut, mual, dan sariawan pada vagina.

Doksisiklin terkadang dapat memicu ruam kulit jika seseorang menghabiskan waktu di bawah sinar matahari. Dalam kebanyakan kasus, efek sampingnya ringan. Siapa pun yang mengalami efek samping yang parah harus menghubungi medis atau dokter. Jangan berhenti minum obat tanpa terlebih dulu memeriksakan diri ke dokter.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2517 seconds (0.1#10.140)