Alternatif Meminimalkan Salah Ukuran ketika Beli Pakaian Online

Senin, 28 November 2022 - 13:21 WIB
loading...
Alternatif Meminimalkan Salah Ukuran ketika Beli Pakaian Online
Sizeku mencoba memberikan alternatif kepada pengguna yang mengalami kesulitan dalam menemukan ukuran yang tepat saat membeli pakaian. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Cukup banyak masyarakat yang merasakan pengalaman membeli pakaian salah ukuran. Bizrate Insights dalam surveinya kepada 1.052 orang pada 2019 menemukan bahwa 55% dari alasan retur saat belanja online akibat tidak sesuai ukuran.

Terdapat sejumlah alasan di balik itu, di antaranya user kurang memahami size badannya secara real time atau pemahaman terkait sizing yang masih terbatas. Misalnya, banyak orang merasa ketika dia berukuran S, dia akan berukuran S di segala brand .

Padahal, jenis ukuran masing-masing brand sangatlah beragam. Ada standar pengukuran AS seperti yang digunakan ZARA, dan standar pengukuran Jepang yang digunakan Uniqlo.

Baca juga: Kejutan Buat Nasabah BRI, Transaksi di Mister Aladin Bisa Dapat Diskon s.d Rp300.000! Begini Caranya

Beranjak dari permasalahan tersebut, Sizeku mencoba memberikan alternatif kepada pengguna yang mengalami kesulitan dalam menemukan ukuran yang tepat saat membeli pakaian. Selain itu, Sizeku juga berfokus untuk meningkatkan awareness pengguna terkait ragam measurement standard yang ada pada fashion brand dan memahami ukuran tubuh sendiri secara real time.

Guna memberikan pengalaman pengukuran yang akurat, Sizeku menyajikan 2 pilihan layanan yaitu Sizeku for personal dan Sizeku for group. Sizeku for personal merupakan measurement package untuk para pengguna yang ingin melakukan self measurement untuk mendapatkan ukuran real-time terbaiknya.

Sedangkan Sizeku for group adalah layanan pengukuran kelompok dengan menghadirkan agen pengukur untuk membantu pengguna dalam mengambil pengukuran detail berstandar yang bisa digunakan untuk kebutuhan menjahit pakaian kelompok maupun custom order.

Menurut CEO Sizeku, Asri Wijayanti, para pengguna perlu untuk melakukan update ukuran pada Size ID setiap 30 hari untuk menjaga akurasi ukuran karena biasanya lingkar tubuh manusia akan berubah cukup signifikan dalam kurun waktu 4 minggu atau 30 hari.

Setelah pengguna memiliki ukurannya dalam bentuk Size ID, pengguna dapat menyimpan dan mengunduh hasil pengukurannya untuk keperluan belanja online, menjahit seragam hingga mengirimkannya ke penjahit langganan terdekat.

"Saat ini layanan Sizeku for group akan tersedia di 2 kota yaitu Jakarta dan Surabaya sebagai kota pilihan dengan volume penduduk terbanyak dengan beragam kebutuhan jenis pakaian dan harapannya," ungkap Asri Wijayanti dalam launching di Jakarta, Senin (28/11/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2030 seconds (0.1#10.140)