Kenapa Polio Tidak Selalu Akibatkan Lumpuh? Ini Penjelasannya

Selasa, 29 November 2022 - 14:51 WIB
loading...
Kenapa Polio Tidak Selalu Akibatkan Lumpuh? Ini Penjelasannya
Kasus polio yang ditemukan di Pidie, Aceh, menjadi catatan serius bangsa Indonesia bahwa penyakit ini belum hilang sepenuhnya dari Indonesia. / Foto: ilustrasi/Antara Foto
A A A
JAKARTA - Penyakit polio belum sepenuhnya hilang dari Tanah Air. Beberapa waktu lalu, ditemukan kasus polio di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh.

Kasus polio pertama yang ditemukan terjadi pada anak berusia 7 tahun. Menurut laporan Kementerian Kesehatan , bocah tersebut alami kelumpuhan yang kini tengah ditangani. Infeksi virusnya sendiri pun sedang diobati.

Di sisi lain, ditemukan kasus positif virus polio di wilayah yang sama dengan kasus pertama, namun pasiennya tidak mengalami kelumpuhan. Kenapa hal itu bisa terjadi?

Baca juga: 6 Cara Membedakan Tas Louis Vuitton Asli dan Palsu, Kenali agar Tidak Tertipu

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi menjelaskan bahwa salah satu faktor dari tidak lumpuhnya anak yang terkonfirmasi positif virus polio adalah karena adanya riwayat imunisasi pada tubuh anak tersebut.

"Anaknya punya riwayat imunisasi polio. Jadi, dia memang positif virus polio, namun tidak lumpuh dan tidak akan lumpuh karena sudah divaksin polio," terang Siti Nadia, beberapa waktu lalu.

Perlu diketahui, menurut data Alodokter yang diterima MNC Portal, Selasa (29/11/2022), penyakit polio sendiri dibagi menjadi dua jenis jika dilihat dari karakter gejala yang muncul.

"Berdasarkan gejalanya, terdapat dua jenis polio, yaitu polio yang tidak menyebabkan kelumpuhan (nonparalisis) dan polio yang menyebabkan kelumpuhan (paralisis)," sebut laporan tersebut.

Nah, seperti apa jelasnya kedua jenis polio tersebut?

1. Polio Nonparalisis
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2379 seconds (10.55#12.26)