5 Rekomendasi Makanan Khas Gunungkidul yang Unik, Nomor 3 Bahan Bakunya Belalang

Selasa, 29 November 2022 - 20:40 WIB
loading...
A A A
3. Walang (Belalang) Goreng
5 Rekomendasi Makanan Khas Gunungkidul yang Unik, Nomor 3 Bahan Bakunya Belalang

Berikutnya makanan yang menjadi pembicaraan netizen adalah Walang Goreng. Makanan khas unik yang satu ini tentunya dari belalang yang digoreng.

Di daerah lain serangga ini mungkin dianggap sebagai hama yang mengganggu dan terbilang menjijikan ketika dilihat secara kasat mata.

Akan tetapi, berkat keterampilan serta kreatifitas masyarakat dalam mengolah serangga tinggi protein ini, Walang Goreng ini kemudian menjadi cemilan khas yang memiliki rasa gurih, renyah, dan nikmat. Ada berbagai varian rasa, yaitu gurih, manis, dan pedas.

Wisatawan tidak akan kesulitan dalam mencari camilan khas yang satu ini, karena Walang Goreng dapat ditemukan dari mulai rumah produksi hingga dijajakan di pinggir jalan, maupun di toko oleh-oleh. Dengan harga bersahabat, wisatawan dapat menikmati langsung atau membawanya sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

4. Bakmi Jawa Piyaman
5 Rekomendasi Makanan Khas Gunungkidul yang Unik, Nomor 3 Bahan Bakunya Belalang

Makanan berikutnya yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Gunungkidul adalah Bakmi Jawa Piyaman. Tentunya Piyaman sendiri merupakan sebuah Desa di Gunungkidul yang mayoritas penduduknya berjualan Bakmi Jawa.

Maka dari itu masyarakat menjuluki daerah ini sebagai Kampung Bakmi Jawa. Dengan cita rasa Bakmi Jawa yang khas dan menggoyang lidah, tentunya makanan yang satu ini tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan.

5. Lombok Ijo
5 Rekomendasi Makanan Khas Gunungkidul yang Unik, Nomor 3 Bahan Bakunya Belalang

Kuliner khas selanjutnya yang sudah sangat populer adalah sayur Lombok Ijo. Sesuai dengan namanya sayur ini didominasi lombok ijo yang dicampur dengan tempe yang diiris, dimasak dengan santan dan bumbu bumbu lainnya.

Dihidangkan lengkap dengan nasi merah, gudeg daun pepaya, trancam, tahu tempe bacem dan empal goreng, menjadi sebuah sajian yang lezat tak terlupakan. Sajian lengkap menu makan khas Gunungkidul ini bisa ditemukan di berbagai rumah makan yang ada di Gunungkidul.

Itulah lima makanan khas Gunungkidul yang wajib kamu coba. Ayo ke Gunungkidul dan nikmati pengalaman berlibur yang sesungguhnya.
(hri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6503 seconds (0.1#10.140)