7 Tempat Wisata di Malang yang Sayang Dilewatkan saat Liburan

Senin, 05 Desember 2022 - 06:30 WIB
loading...
7 Tempat Wisata di Malang yang Sayang Dilewatkan saat Liburan
Malang menjadi salah satu tempat wisata yang menjadi tujuan para pelancong baik lokal maupun asing. Foto/Instagram @agrowisata
A A A
MALANG - Malang menjadi salah satu tempat wisata yang menjadi tujuan para pelancong baik lokal maupun asing. Bukan hanya Bandung, Malang juga menawarkan udara sejuk dan pemandangan alam yang akan membuat para pelancong betah untuk mengeksplorasi daerah tersebut.

Selain lokasinya yang mudah dijangkau, baik menggunakan kereta, mobil, ataupun pesawat, Malang juga kota yang cukup bersahabat bagi kantong para backpacker.

Ada setidaknya tujuh tempat wisata yang wajib dikunjungi di Malang? Berikut daftarnya.



1. Kebun Teh Wonosari
7 Tempat Wisata di Malang yang Sayang Dilewatkan saat Liburan

Foto/Instagram @yoiki_malang

Salah satu alasan berlibur adalah untuk menenangkan pikiran dari padatnya aktivitas pekerjaan dan hal lain. Sebagian orang memilih menghabiskan liburan dengan mengunjungi destinasi wisata alam yang memberikan energi baik bagi pecintanya.

Salah satu tempat wisata alam di Malang yang bisa ditambahkan ke daftar kunjungan adalah Kebun Teh Wonosari yang terletak di Kecamatan Singosari. Anda bisa datang ke tempat ini pukul 07.00-17.00 WIB. Hamparan hijau pepohonan teh akan membuat mata dan pikiran segar. Ditambah berada di dataran yang tinggi, membuat suasana semakin sejuk.

Untuk menikmati keindahan kebun teh Wonosari, wisatawan bisa membayar tiket masuk Rp8.000 pada hari kerja dan Rp12.000 di akhir pekan.

2. Boonpring Andeman
7 Tempat Wisata di Malang yang Sayang Dilewatkan saat Liburan

Foto/Boonpring

Ekowisata Boonpring Andeman banyak ditumbuhi pohon bambu, di mana itu sama dengan nama tempatnya yang terdiri dari dua bahasa yaitu “boon” yang artinya anugerah, dan “pring” atau dalam bahasa Indonesia berarti bambu.

Boonpring terletak di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen. Ada berbagai aktivitas seru dan menarik yang ditawarkan oleh tempat wisata ini, seperti menikmati danau menggunakan perahu kayuh, juga aktivitas fisik bermain di dalam balon raksasa.

Anda dapat mengabadikan momen seru di Boonpring dengan berswafoto dengan pemandangan pepohonan bambu yang hijau dan asri.

Untuk pengunjung dewasa tiket masuknya dikenakan biaya Rp10.000, sedangkan untuk anak-anak Rp5.000 (harga dapat berubah sewaktu-waktu). Jam operasional tempat wisata ini pukul 08.00-16.00 WIB.



3. Kusuma Agrowisata
7 Tempat Wisata di Malang yang Sayang Dilewatkan saat Liburan

Foto/Instagram @agrowisata

Terkenal sebagai daerah penghasil apel lokal, jangan lewatkan liburan Anda di Malang untuk melakukan wisata agro di Kusuma Agrowisata. Agrowisata yang berdiri sejak 1991 ini tak hanya menawarkan konsep wisata pertanian atau perkebunan, tetapi juga banyak tempat menarik.

Hal pertama yang dapat dilakukan di sini yaitu, Anda bisa memetik langsung buah-buahan segar seperti jeruk, buah naga, apel, jambu merah, stroberi, dan juga sayur hidroponik bebas pestisida.

Kalau sudah puas memetik dan menikmati buah, ada aktivitas lain berupa outbound yang bisa dicoba setelahnya. Anda bisa bermain War Game di arena airsoft gun, mengendarai ATV di mini off-road track, atau bergelantungan dan meluncur dari menara flying fox.

4. D’Topeng Museum

Masih menjadi bagian dari Museum Angkut dengan koleksi lebih dari 2.000 topeng prasejarah yang merupakan kumpulan dari seantero Nusantara. Selain topeng, ada juga koleksi artifak, patung, batik, keris, dan Al-Qur’an yang berumur di atas 400 tahun.

Museum ini terletak di Jatim Park I, Jl.Kartika No.2, Sisir, Kecamatan Batu, yang beroperasi pukul 08.30-16.00 WIB.

5. Lumbung Stroberi Batu
7 Tempat Wisata di Malang yang Sayang Dilewatkan saat Liburan

Foto/Instagram @lumbungstroberi

Berlokasikan di Pandanrejo, Lumbung Stroberi adalah tempat wisata selanjutnya yang wajib Anda kunjungi. Buka pukul 09.00-17.00 WIB, di sini wisatawan dapat memetik langsung buah stroberi dari pohonnya.

Tak sekadar memetik, Anda juga bisa mencicipi berbagai macam kudapan berbahan dasar stroberi. Mulai es krim, strawberry squash, rujak es krim, roti isi stroberi, hingga mi stroberi.

6. Candi Badut
7 Tempat Wisata di Malang yang Sayang Dilewatkan saat Liburan

Foto/Instagram @susipunjabi

Candi Badut terletak di Tidar, yaitu bagian barat Kota Malang. Candi ini memiliki arsitektur yang tua dan diperkirakan dibangung pada 760 M sehingga dianggap sebagai candi tertua di Jawa Timur.

Meskipun tempat wisata satu ini tak begitu luas, ada berbagai fasilitas penunjang bagi para pengunjung seperti area parkir kendaraan yang luas dan aman, toilet, tempat ibadah, warung wisata, guest house, serta spot foto menarik.

Harga tiket masuk ke Candi Badut adalah Rp10.000 per orang, namun harga ini dapat saja berubah.

7. Coban Talun
7 Tempat Wisata di Malang yang Sayang Dilewatkan saat Liburan

Foto/Google Maps/Hamzah Saefudin via Travelspromo

Agrowisata sudah, museum juga sudah, kita kembali lagi ke salah satu wisata alam yang ada di Malang dengan mengunjungi Coban Talun.

Coban Talun merupakan wisata air terjun yang terletak di Desa Tulungrejo, Bumiaji, Batu. Wisatawan harus ekstra hati-hati untuk mencapai air terjun sejauh 1 km ini. Sepanjang perjalanan pengunjung akan disuguhi pemandangan menakjubkan dan hijau dari hutan di sekeliling air terjun Coban Talun, yang membuat lupa dengan rasa lelah menuju air terjun.

Air terjun ini memiliki ketinggian 30 meter dengan air yang cukup dingin. Tak hanya air terjun yang menjadi daya tarik, beberapa tempat yang telah disediakan oleh pengelola di sekitar air terjun juga tak kalah indah. Beberapa tempat tersebut seperti Taman Bunga Coban Talun, ada juga Pagupon penginapan Coban Talun.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1703 seconds (0.1#10.140)