Luncurkan 100 Paket Wisata Nusantara, Ini Target Kemenparekraf

Selasa, 06 Desember 2022 - 07:16 WIB
loading...
Luncurkan 100 Paket Wisata Nusantara, Ini Target Kemenparekraf
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memperkenalkan Paket Wisata Nusantara atau PAK WISNU. / Foto: Kiki Oktaliani
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memperkenalkan Paket Wisata Nusantara atau PAK WISNU. Di mana masing-masing provinsi mengirimkan tiga paket wisata terbaiknya, sehingga didapat 100 Paket Wisata Nusantara untuk mengajak masyarakat berwisata di dalam negeri saat libur Natal dan tahun baru.

"Jadi PAK WISNU ini akan menambah khazanah, informasi mengenai paket wisata untuk liburan Natal dan tahun baru (Nataru), yang biasanya diisi dengan liburan-liburan ke luar negeri," ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam Weekly Brief di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin, 5 Desember 2022.

"Saya ingin menggunakan kesempatan ini agar menambah pergerakan wisatawan Nusantara dengan target 1,2 sampai 1,4 miliar pergerakan perjalanan wisata Nusantara," lanjut dia.

Baca juga: Sinetron Jangan Bercerai Bunda Tayang Perdana di RCTI, Samuel Zylgwyn: Deg-degan

Dalam perwujudannya, Kemenparekraf menggandeng travel agent untuk menjual paket wisata dan perjalanan dengan harga yang relatif murah. Hal ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang dilanjutkan dengan Bangga Berwisata di Indonesia Saja.

"Jadi kita jual ada paket-paketnya semua. Ada 100 dulu, kita coba dengan Amora Tour, setelah berhasil, kemudian itu kita tes seperti apa sebetulnya. Kita siapkan paket-paket yang tidak terlalu mahal dan di mana saja di Indonesia," kata Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini.

Dalam Weekly Brief ini, Sandi juga melakukan publikasi sekaligus mitra yang digandeng Kemenparekraf, yaitu Scooter Owners Group (SOG) yang menawarkan penjelajahan Nusantara menggunakan scooter yang juga berperan untuk memperkenalkan destinasi wisata.

"Jelajah Nusantara ini sekarang yang ketiga. Jadi, Jelajah Nusantara yang pertama itu digelar 2009 kemudian 2010, dari situ kita cuti dulu. Kemudian akhirnya di 2022 ini kita menggelar Jelajah Nusantara tiga. Namun yang berbeda kali ini ada tiga sub event di Jelajah Nusantara. Untuk saat ini kita saat ini sudah mulai start dari Jakarta-Sabang," papar Ketua Umum SOG, Venito Bastian.

Peserta dari SOG ini berasal dari berbagai daerah yang masing-masing peserta dapat membawa UMKM-nya di setiap daerah, yang kemudian akan dibuat Gallery UMKM Nusantara di kawasan Mandeh. Hal ini adalah salah satu dari tiga sasaran yang coba dicapai SOG pada Jelajah Nusantara Tiga kali ini.

Menurut Menparekraf Sandiaga Uno, kegiatan yang dilakukan SOG sangat berperan dalam membantu pemulihan wisata, ekonomi, serta membuka peluang kerja.

Baca juga: Berencana Gondrongkan Rambut, Dimas Aditya Ngaku Ingin Keluar dari Zona Nyaman

"Nah ini adalah bagian daripada PAK WISNU ini, wisatawan Nusantara harus bisa kita tingkatkan. Karena seperti yang kita tahu targetnya 1,4 miliar pergerakan, dan kalau SOG ini seliweran terus, antara satu destinasi ke destinasi lain ini sangat membantu pemulihan pariwisata, bisa juga membangkitkan ekonomi, serta membuka peluang usaha dan lapangan kerja," jelas Sandiaga Uno.
(nug)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2547 seconds (11.252#12.26)