Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi, Ini Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

Selasa, 06 Desember 2022 - 16:48 WIB
loading...
Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi, Ini Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan
Daun jambu biji memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Menurut penelitian, daun ini terbukti mampu menurunkan kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Daun jambu biji memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Menurut sejumlah penelitian, daun ini terbukti mampu menurunkan kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi hingga mengatasi jerawat.

Secara tradisional, jambu biji digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit seperti diare, luka, rematik, masalah paru-paru, bisul, dan lainnya. Penelitian menemukan bahwa jambu biji mengandung sejumlah konstituen bioaktif utama seperti flavonoid, asam guayavolat, asam guavanoat, guajadial, guajaverin, dan lainnya.

Dengan aktivitas farmakologis dan biologisnya yang luas, jambu biji memiliki potensi terapeutik yang besar. Jambu biji menampilkan berbagai aktivitas biologis seperti antidiare, antimikroba, antitusif, hepatoprotektif, antioksidan, antikanker, dan aktivitas antistres.

Jambu biji berbentuk oval dan kulitnya berwarna hijau muda atau kuning. Buah ini memiliki biji kecil yang dapat dimakan dan bisa untuk ekstrak obat sebagai teh, dioleskan pada kulit, atau konsumsi daunnya atau suplemen. Berikut manfaat daun jambu biji untuk kesehatan dilansir dari Times Now News, Selasa (6/12/2022).



1. Menyembuhkan Luka

Potensi antibakteri dari ekstrak daun jambu biji terhadap beberapa bakteri yang terkait dengan luka bedah, luka bakar, dan infeksi kulit dan jaringan lunak diteliti dalam kondisi yang berbeda. Skrining fitokimia mengungkapkan adanya beberapa senyawa bioaktif yang telah dikaitkan dengan aktivitas antimikroba.

2. Baik untuk Hati dan Usus

Studi bersama Universitas Alexandria, dan Universitas Damanhour, Mesir menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji adalah obat yang sangat ampuh dalam mengobati gangguan usus atau ketidakseimbangan hati. Daun jambu biji baik sendiri atau dikombinasikan dengan metronidazole telah menginduksi pengurangan jumlah trofozoit yang signifikan dan perubahan besar.

3. Obat Anti Kanker

Produsen obat pengobatan kanker mengatakan bahwa pada 2010 sebuah penelitian pada manusia yang dimaksudkan untuk mengeksplorasi dampak menguntungkan dari tanaman ini pada kanker prostat menunjukkan bahwa ekstrak jambu biji membantu mengurangi ukuran tumor. Studi lain oleh Journal of Medicinal Food yang dirilis pada 2012 mengonfirmasi sifat antikanker tanaman ini terhadap kanker prostat manusia.

4. Obat Tekanan Darah Tinggi

Penelitian melibatkan pasien tekanan darah tinggi menunjukkan penurunan yang signifikan dalam kolesterol total serum (9,9 persen), trigliserida (7,7 persen), dan tekanan darah (9,0/8,0 mm Hg) dengan peningkatan bersih yang signifikan dalam kolesterol lipoprotein densitas tinggi (8,0 persen) setelah 12 minggu mengonsumsi jambu biji.



5. Mengobati Gula Darah Tinggi

Telah ditemukan bahwa ekstrak daun jambu biji menurunkan kadar gula darah, kontrol gula darah jangka panjang, dan resistensi insulin.

6. Membantu Meringankan Nyeri Haid

Penelitian yang melibatkan 197 perempuan oleh Unit Penelitian Epidemiologi dan Layanan Kesehatan Meksiko menunjukkan dengan dosis 6 mg per hari, ekstrak daun jambu bisa mengurangi nyeri haid secara signifikan dibandingkan dengan pengobatan konvensional dan plasebo. Daun jambu biji juga membantu meringankan kram rahim.

7. Mengatasi Jerawat dan Masalah Kulit

Penelitian Yordania menunjukkan ekstrak daun jambu biji efektif membunuh bakteri penyebab jerawat. Ini kemungkinan karena sifat antimikroba dan antiinflamasinya. Sementara studi di Jepang menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji mengurangi keriput dan memperlambat tanda-tanda penuaan, karena antioksidan di dalamnya.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ekstrak daun jambu biji mengandung antioksidan tingkat tinggi, senyawa fenolik, dan aktivitas biologis sebagai agen imunostimulasi. Kandungan tersebut bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.



9. Menghentikan Rambut Rontok

Rebus segenggam daun jambu biji dalam satu liter air selama sekitar 20 menit. Saring air rebusan dan biarkan dingin. Kemudian oleskan ke kulit kepala hingga ke ujung rambut yang sudah bersih dicuci tanpa kondisioner. Biarkan setidaknya selama 2 jam atau bahkan semalaman kemudian bilas dengan air hangat yang bersih.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2205 seconds (0.1#10.140)