Selain Jauhi Merokok, Ini Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Kamis, 08 Desember 2022 - 14:01 WIB
loading...
Selain Jauhi Merokok, Ini Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru
Paru-paru, seperti halnya jantung, persendian, dan organ tubuh lainnya, akan menua seiring dengan bertambahnya usia. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Ki Ageng Ranggasasana alias Lord Rangga telah meninggal dunia pada 7 Desember 2022. Dari keterangan Cayu Nurhemah, mendiang meninggal karena mengidap penyakit paru-paru.

Kakak kandung Lord Rangga itu pun menyebutkan bahwa Lord Rangga sudah menderita penyakit paru-paru selama dua tahun. Lord Rangga juga pernah muntah darah beberapa kali.

Menurut data dari National Heart, Blood, and Lung Institute, penyakit pernapasan kronis, termasuk penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) menyumbang angka kematian ketiga di dunia, belum termasuk penyakit paru lainnya selain kanker paru.

Baca juga: Multifaktorial, Pencegahan Stunting di Indonesia Perlu Memperhatikan Banyak Aspek

Paru-paru, seperti halnya jantung, persendian, dan organ tubuh lainnya, akan menua seiring dengan bertambahnya usia. Organ ini bisa kehilangan fleksibilitas dan kekuatannya. Sama seperti paru-paru yang pada akhirnya akan mulai kehilangan kinerjanya.

Hal inilah yang menjadi alasan pentingnya bagi Anda untuk aware terhadap kesehatan paru-paru, misalnya dengan menjaga kesehatan jantung, otak, atau organ tubuh lainnya.

Berikut beberapa cara yang bisa dicoba untuk menjaga kesehatan paru-paru, seperti dikutip dari laman kesehatanHealthline.

1. Olahraga untuk Meningkatkan Pernapasan

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa rutin berolahraga sangat berperan untuk menjaga paru-paru tetap sehat. Pasalnya, ketika berolahraga, jantung akan berdetak lebih kencang dan paru-paru pun bekerja lebih keras karena tubuh membutuhkan banyak oksigen untuk kinerja otot.

Sebuah ulasan bertajuk Your Lungs and Exercise yang diterbitkan oleh Breathe, selama berolahraga, pernapasan akan mengalami peningkatan dari sekitar 15 kali per menit menjadi sekitar 40-60 kali per menit. Inilah mengapa disarankan untuk melakukan olahraga aerobik yang meningkatkan pernapasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2605 seconds (0.1#10.140)