Tak Ada Pembatalan, Sandiaga Uno Pastikan Kunjungan Wisman Akan Ditingkatkan pada 2023

Senin, 12 Desember 2022 - 21:07 WIB
loading...
Tak Ada Pembatalan, Sandiaga Uno Pastikan Kunjungan Wisman Akan Ditingkatkan pada 2023
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan, tidak ada pembatalan kunjungan wisatawan mancanegara teratas ke Indonesia. / Foto: ilustrasi/Aldhi Chandra
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan, tidak ada pembatalan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) per hari ini, Senin (12/12/2022).

Wisatawan asing penyumbang terbesar ke Indonesia, di antaranya Australia, India, Singapura, Malaysia, Amerika Serikat, dan Inggris.

"Sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, kunjungan wisatawan termasuk wisman akan ditingkatkan pada 2023," ujar Menparekraf Sandiga Uno dalam Weekly Press Brief with Sandi Uno secara virtual, Senin (12/12/2022).

Baca juga: Privasi Terjamin, Wisatawan Asing Tak Perlu Ragu Berkunjung ke Indonesia

Menurutnya, yang membuat industri pariwisata unik dan juga berbeda, karena adanya reputasi serta kepercayaan. Sudah banyak produk jasa wisata ekonomi kreatif yang bersifat intangible atau tidak mudah diraba.

"Artinya wisatawan hanya memperoleh suatu harapan dan membeli suatu kenangan," ungkap Sandiaga.

Untuk itu, lanjut dia, kepercayaan dari para pelanggan khususnya wisatawan di bidang parekraf sangatlah penting untuk memperoleh reputasi yang baik.

Guna mendukung pertumbuhan pariwisata, maka dibutuhkan narasi yang positif dan disebarluaskan. Hal tersebut nantinya akan menjawab kekhawatiran, terkait dengan penerapan undang-Undang Hukum Pidana (UU KUHP) tentang tindak pidana perzinahan atau hubungan status tanpa pernikahan.

Kemudian, Sandiaga menuturkan bahwa pemerintah akan menjamin semua privasi wisatawan baik lokal maupun mancanegara, saat sedang berwisata. Sehingga keamanan serta kenyamanan akan tetap dirasakan, dan tak perlu risau akan adanya permasalahan saat sedang berwisata.

Baca juga: Cara Beli Tiket Arctic Monkeys, Jadwal dan Seating Plan

"Bahwa ranah privat masyarakat akan tetap terjamin, keamanan, kenyamanan dan kesenangan para wisatawan itu akan kami jamin. Dan ranah pribadi wisatawan selama berwisata akan senantiasa dijaga," pungkasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1721 seconds (0.1#10.140)