Ini Tujuan Utama Co-Branding yang Dilakukan Kemenparekraf

Rabu, 14 Desember 2022 - 23:26 WIB
loading...
Ini Tujuan Utama Co-Branding yang Dilakukan Kemenparekraf
Co-branding yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan korporasi memiliki tujuan. Di antaranya peningkatan brand Wonderful Indonesia. Foto/Novie Fauziah
A A A
JAKARTA - Co-branding yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan korporasi memiliki sejumlah tujuan. Adapun tiga tujuan tersebut di antaranya peningkatan brand Wonderful Indonesia sebagai identitas pariwisata Indonesia.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini mengatakan ini juga bertujuan untuk memperluas penetrasi pasar dan jangkauan, serta adanya pemanfaatan sumber daya dari setiap pihak yang terlibat.

Di sisi lain, Co-Branding Awards 2022 memiliki empat kategori yaitu Best Exposure, Most Collaborative, Most Creative, dan Most Partisipative dengan masing-masing dibagi menjadi gold, silver dan bronze.

"Program ini bertujuan untuk melahirkan dan mempertahankan semangat dari para mitra untuk mengembangkan kegiatan pemasaran pariwisata dan ekonomi kreatif dalam balutan brand Wonderful Indonesia," kata Ayu dalam Wonderful Indonesia Co Branding Award (WICA) di Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Rabu (12/14/2022).



Ayu menjelaskan saat ini sudah ada sekitar 75 brand yang tergabung dan menjalin komitmen untuk berkolaborasi. Ini ditandai secara legal dengan dokumen Memorandum of Understanding (Mou) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Selanjutnya Ayu pun berharap dengan adanya kolaborasi tersebut, nantinya industri pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia semakin berkembang dan matang. Serta para mitra akan memperoleh juga manfaat dalam aspek aktivitas bisnis mereka, baik yang bersifat langsung maupun tidak.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, bahwa co-branding ini merupakan manifestasi dari salah satu kata kunci yang sering didengungkan, yaitu kolaborasi.

"Selain itu, Wonderful Indonesia diharapkan mampu bersifat 360, yaitu dapat kita jumpai saat bangun di pagi hari sampai kembali akan terlelap tidur di malam hari dalam segala aktivitas kita sehari-hari," ungkap Sandiaga.



Acara Wonderful Indonesia Co-Branding Awards 2022 ini merupakan yang kali keempat, setelah sebelumnya sempat diselenggarakan pada 2018, 2019, dan 2021.

Berdasarkan Travel and Tourism Development Index (TTDI) 2021, Sandiaga menuturkan bahwa Indonesia berada di peringkat ke-32. Di mana pesaing terdekat Thailand berada di peringkat ke-36 dan Malaysia berada di peringkat ke-38.

Di mana dalam salah satu indikator individual yaitu Country Brand Strategy Rating Indonesia menduduki peringkat ke-25. Hal ini menunjukan Indonesia memiliki inovasi yang baik dan ini harus terus ditingkatkan.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)
pixels