4 Metode Rumahan untuk Jaga Gigi Tetap Putih

Selasa, 28 April 2020 - 11:15 WIB
loading...
4 Metode Rumahan untuk Jaga Gigi Tetap Putih
Gigi yang tampak menguning tentu tidak baik dan tak enak dipandang mata. Makanya, penting untuk menjaga enamel agar tetap sehat sekaligus kuat. Foto/Hotfridaytalks.com
A A A
JAKARTA - Memiliki gigi putih dan sehat adalah dambaan banyak orang. Tentu diperlukan usaha untuk mendapatkannya dan itu bisa dilakukan menggunakan metode sederhana di rumah.

Yang paling utama adalah menjaga enamel atau email gigi agar tetap sehat dan kuat. Enamel adalah zat luar yang keras pada gigi, yang berfungsi melindungi gigi dalam yang lebih lembut dan sensitif atau disebut dentin. Bila enamel terkena bakteri merusak yang dibiakkan dari gula dan pati atau asam dari buah sitrus dan kopi, misalnya, zat tersebut akan rusak. Nah, ketika enamel rusak, maka gigi lama-lama juga akan terlihat kuning.

Gigi yang tampak menguning tentu tidak baik dan tak enak dipandang mata. Makanya, sangat penting untuk menjaga enamel agar tetap sehat sekaligus kuat.

Menurut Dr. Zachary E. Linhart dari Linhart Dentistry yang berbasis New York, rutin menyikat gigi dan flossing serta melakukan perawatan di klinik gigi adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan gigi.

Selain itu, Anda sebenarnya juga bisa merawat dan menjaga enamel tetap sehat sekaligus putih dengan cara-cara alami di rumah. Berikut metodenya, seperti dikutip dari laman Insider.

1. Konsumsi Kalsium
"Dengan mengonsumsi makanan yang kaya kalsium, seperti susu dan keju, Anda bisa memperkuat enamel gigi," kata Linhart. Dengan menambahkan zat ini ke dalam menu makanan, Anda bisa memperlambat pengikisan gigi karena punya enamel yang kuat.

2. Banyak Minum Air Putih
Cobalah untuk mengurangi konsumsi kopi, teh, ataupun soda, lalu ganti dengan banyak minum air putih. Hal ini akan membantu mencegah pengeroposan sekaligus menjaga gigi tidak menjadi kuning.

3. Sikat Gigi Secara Menyeluruh
Menyikat gigi sebaiknya berlangsung selama dua menit dan dua kali dalam sehari. Pastikan Anda menggerakkan sikat gigi dengan arah dari atas ke bawah dan usahakan untuk menjangkau seluruh permukaan pada gigi.

4. Gunakan Baking Soda
Riset menunjukkan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda dapat lebih efektif membersihkan sisa makanan daripada yang tidak mengandung bahan tersebut. Tapi, bukan berarti Anda harus menyikat gigi ‫ menggunakan baking soda langsung. Cukup gunakan produk pasta gigi yang memang dibuat dengan bahan tersebut, atau bahan yang memang dibutuhkan oleh gigi Anda.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1021 seconds (0.1#10.140)