Kenali Dua Jenis Face Serum Sesuai Kondisi dan Kebutuhan Kulit Wajah, Jangan Salah Pilih!

Jum'at, 16 Desember 2022 - 21:55 WIB
loading...
Kenali Dua Jenis Face Serum Sesuai Kondisi dan Kebutuhan Kulit Wajah, Jangan Salah Pilih!
Face serum belakangan ini menjadi salah satu must have item yang harus ada dalam rangkaian skincare sehari-hari. Foto/Wiwie Heriyani/MPI
A A A
JAKARTA - Face serum belakangan ini menjadi salah satu must have item yang harus ada dalam rangkaian skincare sehari-hari. Tak heran, berbagai brand skincare lokal pun berbondong-bondong mengeluarkan produk serum mereka.

Hal ini tak jarang membuat skincare enthusiast dibuat bingung dalam memilih face serum. Terlebih, tak hanya brand luar saja, kini banyak brand lokal yang juga memiliki rangkaian face serum nan lengkap.

Corporate Creative & Innovative Martha Tilaar, Maily lantas menjelaskan beberapa tips dalam memilih jenis face serum. Menurutnya, setiap brand memiliki jenis dan formula serum yang berbeda-beda.

“Face serum itu punya banyak bahan aktif, mulai dari vitamin sampai anti-oksidan yang bisa menembus lapisan epidermis kulit terdalam. Dan face serum umumnya ada dua jenis, yaitu water based dan oil based,” ujar Maily, saat peluncuran dua serum terbaru Sariayu Martha Tilaar, di Rumah Belajar Alex Tilaar (RBAT), Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, (16/12/2022).



“Kalau serum water based itu lebih cocok untuk orang-orang yang kulitnya gampang jerawatan, jadi lebih aman pakai serum yang formula utamanya mengandung air karena meresapnya lebih cepat, sementara oil based itu untuk yang kulitnya cenderung kering karena formula utamanya mengandung minyak,” tuturnya lagi.

Maily juga menjelaskan, selain merupakan produk yang menggunakan air sebagai formulasi utamanya, formula dalam serum water based juga mengandung bahan aktif yang larut dalam air. Anda dapat menemukan formula ini dalam komposisi bahan (ingredient list) teratas pada serum atau skincare yang umumnya bertuliskan water.

Sementara itu, produk oil based menggunakan minyak sebagai formulasi utamanya. Formula ini mengandung bahan aktif yang larut dalam minyak. Sama halnya dengan water based, Anda dapat menemukan formula oil based dalam label komposisi bahan produk, contohnya jojoba oil atau tea tree oil.

Selain itu, Maily memaparkan, perbedaan face serum water based dan oil based selanjutnya yakni terletak pada tekstur. Produk skincare water based umumnya memiliki tekstur yang ringan bahkan nyaris tidak terasa. Formulasi tersebut umumnya lembut, segar dan terasa lebih ringan di wajah.

“Sementara itu, konsistensi produk oil based cenderung lebih kental karena berasal dari minyak. Formulanya juga terasa lebih berat (heavy) dan mengilap di kulit,” ungkap Maily.

Cara kerja utama face serum water based adalah untuk menghidrasi kulit, menyeimbangkan flora alami kulit, dan mengurangi kemerahan. Formula yang ringan ini dapat menyerap dengan cepat pada kulit, tanpa meninggalkan residu dan bebas kilap.

Berbeda halnya dengan skincare oil based yang berfungsi untuk menghilangkan riasan, melarutkan minyak berlebih, melembapkan, dan menutrisi wajah, hingga lebih concern untuk mengatasi penuaan dini pada kulit wajah.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1413 seconds (0.1#10.140)