Kenali Masalah Emosional Empty Nest Syndrome pada Orang Tua, Ini 5 Cara Penanganannya

Senin, 19 Desember 2022 - 06:36 WIB
loading...
A A A
Orang tua bisa mempersiapkan diri secara mental sebelum hari itu tiba. Salah satu cara untuk melakukannya adalah meluangkan waktu untuk mengevaluasi perubahan yang akan terjadi, seperti pergeseran peran dan identitas.

Banyak orang tua merasa bahwa sebagian dari identitas mereka berubah begitu anak-anak pindah atau jauh dari rumah, yang menyebabkan pergeseran peran dari orang tua menjadi pasangan saja.

2. Fokus pada Aspek Positif

Tenggelam dalam pikiran negatif akan berdampak buruk bagi kejiwaan. Orang tua yang sedang melalui fase ini dapat mencoba mengubah sikap dan fokus pada aspek positif.

Coba hal-hal seperti meluangkan waktu untuk hobi pribadi, merencanakan perjalanan lebih banyak, dan menyalakan kembali romansa bersama pasangan. Ini adalah cara yang bagus untuk mempertahankan pola pikir positif.

3. Journaling

Membuat jurnal bisa menjadi cara yang bagus untuk mengatasi atau mengelola emosi yang disebabkan oleh ENS. Karena mungkin ada hal-hal yang sulit untuk diproses, dan dengan menuliskannya memungkinkan Anda untuk mengekspresikan diri dengan cara apa pun yang diinginkan.

Selain itu, journaling juga memungkinkan orang tua untuk membuat daftar hal-hal yang berharga untuk waktu mereka, seperti apa yang ingin mereka lakukan atau tujuan hidup yang tersisa.



4. Ikuti Rutinitas
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2214 seconds (0.1#10.140)