Tips Tampil Cantik dengan Kulit Berkilau Hanya dalam 7 Hari

Sabtu, 11 Juli 2020 - 07:27 WIB
loading...
Tips Tampil Cantik dengan Kulit Berkilau Hanya dalam 7 Hari
Tampil cantik dengan kulit berkilau merupakan idaman banyak wanita. / Foto: ilustrasi/Words Wagon
A A A
JAKARTA - Tampil cantik dengan kulit berkilau merupakan idaman banyak wanita. Karena itu, para kaum hawa rela melakukan berbagai macam perawatan kulit hingga membeli sejumlah produk kecantikan untuk mendapatkan kulit berkilau. Sayangnya, pandemi Covid-19 memaksa orang untuk tetap di rumah dan mengurangi kegiatan di luar.

(Baca juga: 4 Cara Dapatkan Kulit Sehat dan Bercahaya Secara Alami )

Akibatnya, banyak wanita tidak bisa mengunjungi klinik kecantikan untuk menjalani sejumlah perawatan yang biasanya rutin dilakukan. Padahal, menurut para ahli, masa pandemi seperti saat ini merupakan waktu yang tepat untuk merawat kulit .

"Masa pandemi ini sebenarnya masa yang luar biasa untuk merawat kulit. Karena kulit kita jarang kena matahari, jarang keluar. Kemudian kita juga jarang menggunakan makeup. Jadi kulit kita bisa beristirahat dengan baik," kata Founder & CEO Ella Skin Care, dr. Elia Gunawan saat jumpa pers, belum lama ini.

Guna memperoleh kulit berkilau hanya dalam 7 hari, dr. Elia pun membagikan tips mudah seperti berikut ini.

1. Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan proses membuang sel kulit mati. Penumpukan sel kulit mati, dikatakan dr. Elia dapat membuat kulit terlihat kusam sehingga mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri seseorang.

"Kenapa harus dilakukan pengelupasan sel kulit mati? karena sel kulit mati membuat kulit kusam dan nggak bisa menyimpan air sehingga otomatis yang punya banyak sel kulit mati akan kusam," kata dr. Elia.

Ada empat bahan eksfoliasi yang mudah ditemukan di pasaran. Dan bahan-bahan itu antara lain sabun dengan scrub yang membuat kulit cerah, zat aktif Alpha Hydroxy Acid (AHA) untuk kulit normal dan cenderung kering, Beta Hydroxy Acid (BHA) untuk kulit normal dan berminyak, serta turunan vitamin A yang disebut retinoid untuk semua jenis kulit, berfungsi merangsang kolagen dan pembentukan sel baru.

2. Hidrasi

Penting untuk menghidrasi kulit dengan mengonsumsi air yang cukup. Menurut dr. Elia, kurang asupan air, membuat kulit tidak bisa memancarkan cahaya sehingga terlihat kusam.

"Salah satu kulit sehat terhidrasi dengan baik. Di masa kering saat ini, minum air yang cukup 8 gelas sehari dan gunakan face mist sangat penting. Face mist yang tepat dengan kandungan bahan aktif paling sedikit untuk hindari reaksi alergi karena kita akan semprotkan ke wajah," ujar dr. Elia.

3. Moisturising

Moisturizer penting untuk mengunci kelembapan kulit. Idealnya moisturizer diaplikasikan pada kulit, 5 menit setelah mencuci wajah. "Pilih moisturizer sesuai jenisbkulit. Kulit berminyak pilih moisturizer gel, kulit kering pilih lotion," saran dr. Elia.

4. Pola Hidup

Menjalankan pola hidup sehat tidak hanya membantu menghindari dari berbagai macam masalah kesehatan, tapi juga membuat kulit berkilau. Oleh karena itu, penting untuk tidur cukup dan berkualitas, mengonsumsi makanan sehat dan tetap aktif bergerak.

Adapun selama masa pandemi seperti saat ini, dr. Elia menyarankan untuk tidur paling lambat pukul 23.00 selama 7-8 jam sehari, meski tidak pergi ke kantor besok paginya.

"Karena di saat kita tidur, terutama jam 00.00 sampai jam 03.00 itu akan keluar suatu hormon yang kita sebut hormon melatonin, berfungsi meregenerasi seluruh sel di tubuh kita, termasuk sel kulit. Saat sel kulit teregenerasi tentu saja menjadi sel kulit yang baru, memberikan tampilan yang lebih berkilau dan sehat," terang dr. Elia.

(Baca juga: Skincare Ini Wajib Dimiliki Wanita saat Masuki Usia 30 )

5. Tabir Surya

Yang tidak kalah penting adalah menggunakan tabir surya. Namun, selama masa pandemi dengan bekerja dan belajar di rumah, justru banyak masyarakat yang melupakan penggunaan tabir surya. Padahal, penting untuk selalu menggunakan tabir surya, meski berada di rumah.

"Padahal semua kegiatan yang bersifat panas, seperti memasak, menyetrika, kemudian menjemur baju di luar sebentar, itu juga memiliki efek yang sama seperti kita terpapar matahari. Jadi sebaiknya gunakan tabir surya walaupun tidak keluar rumah. Sementara matahari adalah penyebab utama dari penuaan kulit, jadi 80% penuaan kulit disebabkan oleh matahari," pungkasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0976 seconds (0.1#10.140)