Liburan ke Bandung, Tak Lengkap Tanpa Oleh-oleh Khas Kota Kembang Ini

Rabu, 21 Desember 2022 - 11:58 WIB
loading...
A A A
Lalu, jika Anda ingin membeli sepatu berbagai mereka baik lokal atau impor, Anda bisa berkunjung ke kawasan Cibaduyut. Di sana banyak toko-toko yang menjajakan sepatu dan sandal dengan harga terjangkau. Sepatu pun bisa menjadi pilihan oleh oleh ketika pulang.

Lalu apa saja oleh oleh legendaris khas Bandung yang bisa dibeli ketika Anda ke Bandung. Ini rekomendasinya.

1. Peuyeum Bandung
Liburan ke Bandung, Tak Lengkap Tanpa Oleh-oleh Khas Kota Kembang Ini

Peuyeum Bandung adalah satu makanan khas Bandung yang sudah cukup lama dikenal. Makanan ini telah turun temurun dibuat dari jaman nenek moyang hingga saat ini.

Peuyeum Bandung terbuat dari singkong pilihan yang difermentasi. Berbentuk memanjang seukuran singkong, kemudian digantung. Warnanya cukup khas, yaitu putih karena warna dasar singkong putih ditambah warna fermentasi ragi.

Makanan ini bisa dibeli kiloan, tergantung kebutuhan Anda. Harganya bervariatif tergantung kualitas, mulai dari Rp50.000 per kilogram. Anda tak perlu khawatir akan basi, karena daya tahan peuyeum antara 2-3 hari.

"Kalau mau di bawa jauh, bisa beli yang belum terlalu matang. Tapi kalau mau langsung disantap, bisa memilih yang sudah agak lembek. Rasanya sangat manis," kata pedagang peuyeum Nandar.

2. Oncom
Liburan ke Bandung, Tak Lengkap Tanpa Oleh-oleh Khas Kota Kembang Ini

Salah satu makanan yang juga cukup khas di Bandung adalah oncom. Sebenarnya oncom adalah makanan khas suku Sunda. Makanan ini dianggap telah ada sejak abad 17, berbarengan dengan tempe yang ditemukan masyarakat Jawa.

Oncom identik dengan warna merah. Namun di beberapa daerah di Jawa Barat juga ditemukan oncom hideung (hitam). Namun oncom merah paling banyak beredar di pasaran. Oncom dihasilkan dari proses fermentasi campuran bungkil kacang atau kedelai, atau ampas tahu. Campuran tersebut kemudian di fermentasi.

Oncom paling banyak digunakan sebagai bahan masakan tumis sayur seperti leunca. Tumis oncom akan sangat nikmat dengan rasanya yang khas keasam-asaman. Oncom juga cocok untuk campuran membuat sambal.

Tak hanya itu, oncom goreng juga akan sangat lezat ketika dinikmati pagi atau sore hari bersama cabai rawit. "Oncom di Pasar Baru merupakan yang paling banyak diburu karena kualitasnya. Oncom Bandung ini sudah ada sejak dulu, " kata Iwan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2530 seconds (0.1#10.140)