Sandiaga Uno Targetkan Perputaran Ekonomi Akhir Tahun dari Sektor Pariwisata pada 5 DSP dan Desa Wisata

Rabu, 21 Desember 2022 - 14:08 WIB
loading...
Sandiaga Uno Targetkan Perputaran Ekonomi Akhir Tahun dari Sektor Pariwisata pada 5 DSP dan Desa Wisata
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, perputaran ekonomi di akhir tahun pada sektor parekraf ditargetkan di lima destinasi super prioritas (DSP) dan desa wisata. Foto/Dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Komisi X DPR RI tengah menyiapkan target-target yang akan dicapai dari sektor parekraf jelang penutupan tahun 2022. Termasuk memberikan gambaran terkait perputaran ekonomi akhir tahun pada sektor pariwisata.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, perputaran ekonomi di akhir tahun pada sektor parekraf ditargetkan di lima destinasi super prioritas (DSP) yaitu Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB), Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT), serta Likupang di Sulawesi Utara.

"Targetnya di lima DSP, masih sesuai dengan target yang disampaikan kepada kami. Tahun depan wisman 3,5 sampai 7,4 juta, target wisnus 1,2 sampai 1,4 miliar pergerakan," beber Sandiaga melalui keterangan resminya, Rabu (21/12/2022).



Sandiaga juga menekankan agar momen libur Nataru dapat digunakan oleh masyarakat untuk berlibur di Indonesia saja.

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo menambahkan, target kecil hingga besar untuk memajukan parekraf di Indonesia dapat dijalankan dengan adanya kerja sama.

"Ini bisa dicapai jika kita bersinergi, kita berkolaborasi. Berkolaborasi dan bekerja sama dengan konkret," kata Angela saat penutupan Rakornas Kemenparekraf di Grand Sahid Jaya, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Angela mengatakan, terdapat empat poin yang dapat disimpulkan, di mana hal-hal ini diharapkan bisa lebih diperhatikan pada tahun depan. Keempat poin itu adalah:

1. Mendukung sinergitas, mendukung rencana pemerintah, kementerian, lembaga BUMN, swasta, serta mengalokasikan anggaran hingga Rp22,4 triliun untuk pembangunan lima DSP Indonesia.

"Ini bukan anggaran yang kecil. Ini anggaran yang sangat besar, Rp22,4 triliun. Perlu sinergi yang luar biasa. Kita bisa mencapai hasil yang maksimal dengan anggaran itu," katanya.



2. Penguatan 6 A yaitu Aksesibilitas, Atraksi, Aktivitas, Amenitas, Akomoditas, Akselerasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)