8 Tips Menerapkan Mindful Eating, Bermanfaat untuk Kesehatan

Kamis, 22 Desember 2022 - 10:01 WIB
loading...
8 Tips Menerapkan Mindful Eating, Bermanfaat untuk Kesehatan
Mindful eating artinya Anda menggunakan seluruh indera dan emosi untuk menikmati sepiring makanan yang Anda miliki. Foto Ilustrasi/Shapa Blog
A A A
JAKARTA - Makan dengan penuh kesadaran tinggi (mindful eating), artinya Anda menggunakan seluruh indera dan emosi untuk menikmati sepiring makanan yang Anda miliki. Selain itu juga fokus dengan makanan yang Anda miliki dan tidak melakukan hal lain selama menikmati hidangan yang ada.

Pada dasarnya, makan dengan kesadaran melibatkan aktivitas makan perlahan dan tanpa gangguan, mendengarkan isyarat lapar fisik dan makan hanya sampai Anda kenyang (tidak berlebihan), membedakan antara pemicu rasa lapar yang sebenarnya dan bukan rasa lapar untuk makan.



Juga melibatkan indera Anda dengan memperhatikan warna, bau, suara, tekstur, dan rasa, belajar mengatasi rasa bersalah dan kecemasan tentang makanan, makan untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan, memperhatikan efek makanan terhadap perasaan dan sosok Anda, serta menghargai makanan Anda.

Untuk melatih mindfulness, Anda memerlukan serangkaian latihan dan meditasi. Namun, ada banyak cara sederhana untuk memulai, beberapa di antaranya dapat memberikan manfaat yang kuat dengan sendirinya, seperti:

- Makan lebih lambat dan jangan terburu-buru.
- Kunyah sampai bersih.
- Hilangkan gangguan dengan mematikan TV dan meletakkan telepon Anda.
- Makan dalam diam.
- Berfokuslah pada bagaimana makanan itu mempengaruhi perasaan Anda.
- Berhentilah makan saat Anda kenyang.
- Tanyakan pada diri sendiri mengapa Anda makan, apakah Anda benar-benar lapar, dan apakah makanan yang Anda pilih itu sehat.
- Sebagai permulaan, ada baiknya memilih satu jenis makanan per hari untuk fokus pada poin-poin ini.



Setelah Anda menguasainya, mindfulness akan menjadi lebih alami. Kemudian Anda bisa fokus menerapkan kebiasaan ini dalam lebih banyak jenis makanan lain.

Manfaat Mindful Eating bagi Tubuh

Beberapa manfaat mindful eating bagi tubuh seperti:

1. Membuat Anda merasa kenyang tanpa porsi yang berlebihan.

Dengan menikmati makanan dan mengunyah makanan dengan tepat, kebiasaan ini akan membuat Anda merasa lebih kenyang dengan porsi yang tidak berlebihan. Kebiasaan ini bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1997 seconds (0.1#10.140)