8 Tips Cegah Berat Badan Bertambah saat Libur Akhir Tahun

Kamis, 22 Desember 2022 - 10:52 WIB
loading...
8 Tips Cegah Berat Badan Bertambah saat Libur Akhir Tahun
Untuk menghindari penambahan berat badan di libur akhir tahun, ada delapan tips yang dapat dicoba. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Libur tahun baru sebentar lagi tiba. Banyak dari kita akan menikmati berbagai hidangan lezat nan menggoda di pengujung 2023 ini, terutama di saat perayaan Natal dan malam tahun baru ketika berkumpul bersama keluarga ataupun teman-teman.

Saat berkumpul kita biasanya akan mengonsumsi makanan dari yang seharusnya. Untuk membantu Anda menghindari penambahan berat badan di libur akhir tahun, berikut delapan tips yang dapat dicoba untuk tetap menjaga kalori harian tubuh Anda.



1. Berlatih Mindful Eating

Mempraktikkan mindful eating dapat mencegah Anda makan berlebihan dan memungkinkan untuk benar-benar menikmati setiap makanan yang dimakan. Makan secara perlahan dan nikmati setiap suapan. Ini adalah tips yang bagus untuk dicoba sepanjang tahun, tidak hanya selama liburan.

2. Kontrol Porsi Anda

Kontrol porsi makan adalah kunci untuk menikmati makanan liburan tanpa merasa kekurangan. Piring yang lebih kecil bisa membantu Anda agar tidak menaruh begitu banyak makanan atau camilan di atasnya.

3. Makan Makanan Tinggi Serat

Makanan kaya serat seperti kacang-kacangan, beri, biji-bijian, dan buah-buahan kering dapat membantu memuaskan rasa lapar dengan kalori yang lebih sedikit.

4. Sarapan, Makan Siang, dan Makan Malam

Tetap berpegang pada makan selama tiga kali sehari, alih-alih menyimpan semua makanan Anda untuk satu kali. Ketika Anda melewatkan makan di awal hari, Anda cenderung makan lebih banyak di jam makan selanjutnya.

5. Pertahankan Rutinitas Olahraga

Cobalah melakukan aktivitas fisik selama 30 hingga 60 menit setiap hari selama musim liburan (dan sepanjang tahun). Jalan cepat setelah menikmati makan malam selama liburan merupakan salah satu cara efektif untuk menggerakkan tubuh Anda.



6. Jangan Terlalu Membatasi Makanan

Tidak apa-apa menikmati suguhan manis ataupun semua makanan yang Anda sukai, tetapi dengan syarat tidak berlebihan dan mengimbanginya dengan camilan yang lebih sehat.

7. Tambahkan Camilan Sehat di Sepanjang Jalan

Sediakan sekantong buah dan sayuran dengan keju, yogurt, atau hummus untuk camilan. Atau buatlah salad besar dengan bermacam-macam buah dan sayuran favorit yang berwarna-warni. Hal ini dapat membuat Anda merasa tidak terlalu bersalah ketika menghabiskan banyak waktu untuk hidangan liburan.

8. Usahakan Mendapatkan Tidur Berkualitas

Rencanakan untuk bersantai di malam hari sekitar 30 menit sebelum waktu tidur. Anda akan tertidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Kualitas tidur berkaitan dengan seberapa banyak dan seberapa sering kita makan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1871 seconds (0.1#10.140)