Bantu Atasi Masalah Ruam Popok, MAKUKU Berkolaborasi dengan Rumah Sakit di 10 Kota Besar

Kamis, 22 Desember 2022 - 21:49 WIB
loading...
A A A
Saat si kecil memiliki masalah pada kulitnya, biasanya berakibat pada kualitas tidurnya. Hal ini tentunya berdampak pada aktivitasnya esok hari. Akibatnya, pemberian stimulasi juga tidak optimal. Saat stimulasi berkurang, perkembangan si kecil pun jadi terhambat. Ruam popok sebaiknya mulai dicegah dan diantisipasi.

Mom tak perlu khawatir, MAKUKU punya tips bagaimana menjaga kesehatan kulit bayi yang aman berdasarkan panduan dokter. Berikut ini cara mudah menjaga kesehatan kulit bayi yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Konsultasikan Masalah Ruam Kulit
Bantu Atasi Masalah Ruam Popok, MAKUKU Berkolaborasi dengan Rumah Sakit di 10 Kota Besar

Saat konsultasi, pastikan Moms bertanya dan ketahui sensitif penyakit dari bayi. Ruam popok bisa terjadi akibat pemakaian popok yang terlalu lama dan juga kulit bayi yang sensitif.

Menurut dr. Hilda Novita, SpA. Pediatric dari RSIA Ananda Makassar, pada kulit bayi yang sensitif itu risiko alerginya lebih besar. Bahaya ruam popok bisa menimbulkan infeksi sekunder, bisa berakibat tidak baik pada bayi sendiri, pada kulit maupun kondisi bayi secara umum.

“Kan Ruam popok bikin si kecil gatal, bisa mempengaruhi dia nafsu makan, artinya bayi tidak optimal. Bisa juga ruam popok memicu ISK, hal itu dikarenakan pemakaian popok terlalu lama (tidak diganti),” ujarnya.

Ia menambahkan, masalah ruam popok sendiri merupakan masalah umum yang dihadapi para ibu, karena memang penggunaan popok sekali pakai sangat banyak. Persentasenya sekitar 30-40 persen pasien di RSIA Ananda konsultasi seputar masalah ruam popok.

2. Rutin Mengganti Popok 3-4 Jam Sekali
Sementara itu, tips dari dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak menjelaskan, “Pada umumnya, bayi perlu mengganti popok setiap 3-4 jam sekali. Hal ini untuk menghindari kontak yang terlalu lama dengan urin dan feses yang dapat meningkatkan pH basa pada kulit.”

Namun, lanjutnya, bayi sering merasa tidak nyaman ketika popok yang digunakan terasa penuh dan bocor sebelum waktu mengganti popok. Kondisi ini menyebabkan bayi lebih mudah rewel dan terbangun.

“Ketika bayi mengalami gangguan saat tidur, maka ibu juga otomatis akan mengalami hal yang sama karena harus kembali menidurkan bayi. Berawal dari pemilihan dan penggantian popok yang salah akan berdampak panjang hubungan Mom dengan si kecil,” ucapnya.

3. Pilih Popok dengan Penyerapan yang Baik
Dr. Dinda Anes T, Sp.A, M.Ked.Klin (RSIA Putri Surabaya) menyatakan, SAP (Super Absorbent Polymer) berfungsi mempercepat penyerapan cairan yang keluar. MAKUKU menghadirkan SAP agar bayi terhindar dari ruam popok. Cairan yang keluar akan segera diserap sehingga tak menyebabkan kulit bayi jadi lembab.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4752 seconds (0.1#10.140)