Suti Karno Amputasi Kaki Gegara Diabetes, Begini Tips Mencegahnya Agar Tak Semakin Parah

Selasa, 27 Desember 2022 - 10:20 WIB
loading...
Suti Karno Amputasi Kaki Gegara Diabetes, Begini Tips Mencegahnya Agar Tak Semakin Parah
Pengalaman artis senior Suti Karno alias Atun yang terpaksa mengamputasi kakinya karena diabetes harus dijadikan pembelajaran. Foto/Ilustrasi/Express
A A A
JAKARTA - Pengalaman artis senior Suti Karno alias Atun yang terpaksa mengamputasi kakinya karena diabetes harus dijadikan pembelajaran untuk semua orang. Sebab, kebiasaan buruk tidak konsumsi air putih dan banyak minum soda, diakuinya sebagai penyebab dari gangguan kesehatan itu.

Maka dari itu, kejadian yang dialami Suti Karno sudah seharusnya jadi pengingat bagi para siapapun, terutama para pasien diabetes, untuk selalu menjaga dan mengontrol kondisi kesehatan.

Dokter Spesialis Gizi Klinis RS Pondok Indah Bintaro Jaya, dr Diana Felicia Suganda, SpGK, mengimbau bagi penderita diabetes untuk sadar betul cara pengendalian penyakitnya.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah diabetes semakin parah adalah dengan mengatur pola makan. Dokter Diana merekomendasikan yang namanya '4J'.



"4J itu adalah jenis makanan, jumlah atau porsi makanan, jadwal makan, dan jurus masak," paparnya dalam keterangan resmi yang diterima MNC Portal, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, pasien diabetes sejatinya masih boleh mengonsumsi karbohidrat, hanya saja jenisnya harus dipilih dengan bijak. "Pilih karbohidrat kompleks dan alami, seperti nasi, kentang, dan ubi. Hindari karbohidrat tepung dan mengandung gula," katanya.

"Begitupun dengan protein, sebaiknya pilih protein yang mengandung sedikit lemak," tambahnya.

Dokter Diana melanjutkan, terkait dengan poin jumlah atau porsi makan, itu menjadi poin yang perlu diperhatikan dalam pengaturan makan.

Demi menjaga kadar gula darah tetap stabil sepanjang hari, jadwal makan harus teratur, misalnya dengan tiga kali makanan utama dan tiga kali makanan selingan.

"Jangan lupa, pilih jurus masak yang tepat yaitu hindari pengolahan makanan dengan digoreng. Pengolahan makanan yang dianjurkan bagi penyandang diabetes adalah pengolahan dengan tumis, kuah, kukus, panggang, atau bakar," saran dr Diana.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)