5 Manfaat Rutin Konsumsi Oat, Salah Satunya Mengontrol Kadar Gula Darah

Minggu, 01 Januari 2023 - 20:47 WIB
loading...
5 Manfaat Rutin Konsumsi Oat, Salah Satunya Mengontrol Kadar Gula Darah
Oat merupakan salah satu biji-bijian paling sehat dikarenakan bebas gluten serta menjadi sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan penting. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Oat merupakan salah satu biji-bijian paling sehat dikarenakan bebas gluten serta menjadi sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan penting.

Dilansir dari laman Healthline (1/1/2023), sebuah studi menunjukkan bahwa oat ataupun oatmeal memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk membantu proses penurunan berat badan, menurunkan kadar gula darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Oat biasanya dimakan untuk sarapan sebagai oatmeal, yang dibuat dengan merebus oat dalam air atau susu. Oatmeal sering disebut bubur. Dalam penyajiannya, oatmeal biasanya juga ditambahkan dengan topping seperti granola, buah-buahan, atau cokelat.



Berikut adalah 5 manfaat dari rutin mengonsumsi oatmeal untuk kesehatan.

1. Oat Utuh Kaya Antioksidan

Oat utuh mengandung antioksidan tinggi dan senyawa tanaman bermanfaat yang disebut polifenol. Yang paling menonjol adalah kelompok antioksidan unik yang disebut avenanthramides, yang hampir hanya ditemukan dalam gandum.

Baik penelitian lama maupun terbaru, menemukan bahwa avenanthramides dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah dengan meningkatkan produksi oksida nitrat. Molekul gas ini membantu melebarkan (memperlebar) pembuluh darah dan menghasilkan aliran darah yang lebih baik.

Selain itu, avenanthramides juga memiliki efek antiradang dan antigatal.

2. Oat Mengandung Serat Larut Kuat

Oat mengandung banyak beta-glukan, sejenis serat larut. Beta-glukan sebagian larut dalam air dan membentuk larutan kental seperti gel di usus Anda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2928 seconds (0.1#10.140)