5 Manfaat Minum Cukup Air Putih bagi Kesehatan menurut Sains

Senin, 02 Januari 2023 - 15:55 WIB
loading...
5 Manfaat Minum Cukup Air Putih bagi Kesehatan menurut Sains
Seseorang yang kekurangan air harian dalam tubuh akan mengalami gangguan keseimbangan tingkat energi dan fungsi otak. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Di pekan pertama 2023, sebagian orang sudah kembali melakukan aktivitas sehari-hari, meskipun belakangan ini cuaca lebih banyak dirundung awan gelap dan hujan yang turun tak menentu. Menghadapi kondisi ini, penting untuk menjaga tubuh kita tetap terhidrasi.

Seperti diketahui, lebih dari 70% atau sebagian besar dari tubuh manusia ini terdiri dari air. Seseorang yang kekurangan air harian dalam tubuh akan mengalami gangguan keseimbangan tingkat energi dan fungsi otak. Sehingga penting sekali untuk minum cukup air putih, yang juga memberikan berbagai manfaat bagi tubuh.

Berikut adalah lima manfaat kesehatan yang telah terbukti oleh sains dari kebiasaan kita minum cukup air putih, yang dilansir dari Healthline pada Senin (2/1/2023).



1. Bantu Maksimalkan Kinerja Fisik

Tubuh yang tidak terhidrasi dengan cukup baik dapat menyebabkan penurunan kualitas kinerja fisik seseorang. Tentu hal ini penting selama latihan intensif atau cuaca panas yang tinggi.

Dehidrasi dapat memiliki efek yang nyata jika seseorang kehilangan sedikitnya 2% dari kandungan air tubuh. Tak jarang atlet kehilangan sebanyak 6%–10% dari berat airnya melalui keringat.

Hal ini dapat menyebabkan perubahan kontrol suhu tubuh, penurunan motivasi, dan peningkatan kelelahan. Kondisi ini juga bisa membuat olahraga terasa jauh lebih sulit, baik secara fisik maupun mental.

Hidrasi yang optimal telah terbukti mencegah hal di atas terjadi, dan bahkan dapat mengurangi stres oksidatif yang terjadi selama latihan intensitas tinggi. Hal ini tidak mengherankan jika Anda menganggap bahwa otot terdiri dari sekitar 80% air.

2. Pengaruhi Tingkat Energi dan Fungsi Otak
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2307 seconds (0.1#10.140)