Sering Ngopi? Ketahui Inilah Dampak Negatif Terlalu Banyak Konsumsi Kafein

Senin, 02 Januari 2023 - 16:56 WIB
loading...
Sering Ngopi? Ketahui Inilah Dampak Negatif Terlalu Banyak Konsumsi Kafein
Kafein dosis tinggi yang terkandung dalam kopi mungkin memiliki efek samping yang tidak menyenangkan dan bahkan berbahaya. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Kopi dan teh merupakan beberapa jenis minuman yang sehat apabila disajikan dan dikonsumsi dengan benar. Di mana kedua minuman ini dikenal dengan kandungan kafein nya, yaitu zat yang dapat meningkatkan suasana hati, metabolisme, serta kinerja mental dan fisik.

Orang-orang dewasa ini menjadikan kopi sebagai bagian dari gaya hidup, dan juga selalu mencari kopi agar bisa tetap terjaga untuk mengerjakan pekerjaan mereka.

Penelitian juga menunjukkan bahwa aman bagi kebanyakan orang bila dikonsumsi dalam jumlah rendah hingga sedang. Namun, kafein dosis tinggi mungkin memiliki efek samping yang tidak menyenangkan dan bahkan berbahaya.

Selain itu gen seseorang memiliki pengaruh besar pada toleransi tubuh terhadap kafein. Beberapa orang dapat mengonsumsi lebih banyak kafein daripada yang lain tanpa mengalami efek negatif.



Berikut adalah 4 efek samping dari terlalu banyak kafein, yang dilansir dari Healthline (2/1/2023).

1. Kecemasan

Kafein diketahui dapat meningkatkan rasa kewaspadaan.

Kafein bekerja dengan menghalangi efek adenosin, zat kimia otak yang membuat tubuh merasa lelah. Pada saat yang sama, hal itu memicu pelepasan adrenalin, hormon "fight-or-flight" yang terkait dengan peningkatan energi.

Namun, pada dosis yang lebih tinggi, efek ini bisa menjadi lebih jelas, menyebabkan kecemasan dan kegugupan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1024 seconds (0.1#10.140)