Minum Kopi Malah Jadi Mudah Lelah? Ini Penjelasannya

Jum'at, 17 September 2021 - 14:20 WIB
loading...
Minum Kopi Malah Jadi Mudah Lelah? Ini Penjelasannya
Minum Kopi Malah Jadi Mudah Lelah? Ini Penjelasannya. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Minum kopi saat ini telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Di setiap sudut kota Anda bisa menemukan berbagai kafe yang menawarkan kopi andalannya, tapi terlalu banyak mengonsumsinya juga tidak baik lho.

Salah satunya efek samping yang akan dirasakan adalah mudah lelah. Tapi bukankah kafein yang ada dalam kandungan kopi dapat membuat semangat, dan tidak mudah mengantuk?

Dilansir dari laman The Indian Express, seorang profesor di Departemen Psikiatri dan Ilmu Perilaku di University of Washington, Mark Stein mengatakan, cara kerja kafein yang membuat seseorang yang mengonsumsinya semakin berenergi memang dibenarkan.

Namun menurut penelitian, jika dikonsumsi dalam jangka pendek atau berdekatan akan membuat tekanan yang lebih, sehingga membuat Anda akan merasakan kelelahan.



Saat tubuh merasa mengantuk, tapi Anda memaksakannya tetap bugar dengan meminum kopi, maka itu akan membuat Anda merasa kelelahan.

"Tetapi efek kumulatif atau dampak jangka panjangnya, meminum kopi memiliki efek sebaliknya," katanya.

Pada akhirnya, konsumsi kafein yang terus menerus atau meningkat berdampak negatif pada tidur, yang juga akan membuat Anda merasa lebih lelah.

"Jika Anda kurang tidur dan stres, dan Anda mengandalkan kafein untuk memperbaikinya, itu hanya badai yang sempurna untuk solusi jangka pendek yang akan membuat segalanya jauh lebih buruk dalam jangka panjang," terangnya.

Oleh karena itu istirahat dengan cukup, jangan pernah memaksakan untuk tetap bugar dan segar saat tubuh butuh tidur. Selain itu, kata Stein, minumlah kopi sesuai porsinya dan jangan mengonsumsi dalam jangka berdekatan karena akan memperburuk kesehatan Anda.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2341 seconds (0.1#10.140)