Prospek Profesi Desainer Grafis, Tak Cuma Dibutuhkan Perusahaan Media

Selasa, 03 Januari 2023 - 08:48 WIB
loading...
Prospek Profesi Desainer Grafis, Tak Cuma Dibutuhkan Perusahaan Media
Founder Komunitas Desain Grafis Sigit Prasetya tampil dalam Podcast Aksi Nyata di kanal YouTube Partai Perindo, Senin (2/1/2023). Foto/YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Profesi di bidang desain grafis kini tengah digandrungi. Bagaimana tidak, profesi satu ini disebut-sebut sebagai salah satu pekerjaan yang bisa dikerjakan di mana pun, namun terus mendatangkan cuan.

Meningkatnya minat terhadap profesi desain grafis sejalan dengan perkembangan pola komunikasi yang saat ini cenderung dibentuk secara visual dibanding audio atau tekstual.

Graphic designer (desainer grafis) merupakan sebuah pekerjaan untuk menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion baik bagi penerbit maupun media cetak dan elektronik.



Seorang graphic designer bertanggung jawab atas tampilan pada media promosi suatu produk. Tugasnya menyampaikan informasi mengenai suatu produk secara menarik dengan mengakomodasi keinginan klien. Graphic designer tidak hanya bisa berkarier di media, tapi bisa juga di berbagai industri.

Founder Komunitas Desain Grafis Sigit Prasetya mengungkapkan, lantaran prospek profesi desainer grafis menggiurkan itulah yang membuatnya memutuskan menggeluti profesi tersebut, meskipun sebelumnya sempat kerja kantoran.

Sigit lantas menceritakan awal dirinya bisa bekerja sebagai seorang desainer grafis di empat perusahaan sekaligus.

“Sebenernya saya desain grafis kantoran dulu. Saya dulu kerja di Kelapa Gading. Terus karena bosan kayaknya tiap hari pulang kerja karena rumah jauh kan dari Bekasi ke Kelapa Gading, terus saya iseng-iseng bikin desain-desain gitu, kok banyak yang order. Akhirnya ya udah saya coba bikin sampe jam 12 malem,” tutur Sigit dalam Podcast Aksi Nyata di kanal YouTube Partai Perindo, Senin (2/1/2023).

“Terus habis itu karena orderan banyak, jadi saya akhirnya resign dari kantor sana. Tapi karena nggak dibolehin, akhirnya saya freeleance. Saya kerjain full kerjaan kantor dari rumah, tapi gajinya tetap dibayar tiap bulan. Terus ya udah saya nyari perusahaan lain lagi sampai kerja di empat perusahaan,” lanjutnya.


Sigit juga mengungkapkan alasannya untuk melebarkan sayap di dunia desain grafis tak lain karena bidang satu ini sekarang cukup banyak dibutuhkan dan memiliki prospek yang menjanjikan.

Menurutnya, seiring berkembangnya zaman, pasti semua pekerjaan berhubungan sama yang namanya desain grafis. Sebagai contoh perusahaan makanan, untuk melakukan promosi membutuhkan ide-ide kreatif seorang desainer grafis.

Selain itu, sekarang banyak juga orang yang tertarik menjadi Youtuber, yang pasti membutuhkan seorang desain grafis untuk memastikan konten yang dibuat kreatif dan menarik perhatian banyak orang.

“Semua bidang usaha itu butuh, nggak ada yang nggak butuh. Kalau saya kan punya website tuh. Orang-orang ngetik Google, jasa desain grafis, punya saya muncul, di halaman satu dua, dan orang order. Kebanyakan itu UMKM, PT,” tutur Sigit.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2397 seconds (0.1#10.140)