Indonesia Siap Sambut Wisatawan China dengan Terbuka dan Penuh Kehati-hatian

Selasa, 03 Januari 2023 - 18:58 WIB
loading...
Indonesia Siap Sambut Wisatawan China dengan Terbuka dan Penuh Kehati-hatian
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa Indonesia sangat siap menyambut wisatawan mancanegara (Wisman) termasuk pelancong dari Tiongkok. / Foto: Novie Fauziah
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan bahwa Indonesia sangat siap menyambut wisatawan mancanegara, termasuk pelancong dari China.

Hal itu tak lain lantaran situasi pandemi Covid-19 sudah terkendali, bahkan tingkat kekebalan atau imunitas masyarakat Indonesia sudah di atas 98 persen.

"Dalam menyambut wisatawan China, kita lakukan dalam prinsip tentunya terbuka dengan penuh kehati-hatian," ungkapnya dalam Weekly Press Brief with Sandi Uno secara virtual, Senin, 2 Januari 2023.

Baca juga: Indonesia Siap Sambut Wisman Tiongkok, Sandiaga Uno: Tetap Penuh Kehati-hatian

Menurut Sandiaga, saat ini sudah ada beberapa permintaan dari maskapai internasional China untuk membuka penerbangan langsung ke Jakarta dan Bali, seperti Air China, China Eastern, dan China Southern. Untuk itu diharapkan maskapai nasional seperti Garuda, Lion Air, juga Batik dapat memenuhi permintaan penerbangan langsung tersebut.

Penerbangan langsung itu nantinya akan memudahkan wisatawan China yang datang ke Indonesia. Hal itu karena biasanya wisman China yang ingin ke Bali melalui Singapura terlebih dahulu, baru kemudian menuju Bandara Soekarno Hatta menggunakan penerbangan domestik menuju Bandara International I Gusti Ngurah Rai, Bali.

"Alternatif lainnya, wisatawan Tiongkok menggunakan penerbangan langsung dari Singapura ke Bali," ujarnya.

Untuk jumlah kunjungan wisman asal China dan Hongkong, sesuai data dari BPS baru mencapai 94.924 kunjungan pada periode Januari hingga Oktober 2022. Jumlah ini masih terbilang sedikit jika dibandingkan dengan sebelum pandemi Covid-19 yang menyentuh 2,07 juta kunjungan wisman asal Tiongkok di tahun 2019.

"Oleh karena itu, target wisman Tiongkok di tahun ini (2023) sebesar 253 ribu kami sangat yakin bisa direalisasikan," harap Menparekraf Sandiaga Uno.

Kebijakan Pemerintah Tiongkok membuka perbatasan bagi wisatawan pada 8 Januari 2023 disambut positif oleh Menparekraf Sandiaga yang dibarengi dalam bingkai penerapan protokol Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability (CHSE).

Sampai saat ini Pemerintah Indonesia masih memberlakukan SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 25 tanggal 1 September 2022 untuk Pengaturan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN). Akan tetapi kementerian/lembaga terkait masih berkoordinasi untuk merumuskan kebijakan terbaik.

Baca juga: Sandiaga Uno Sebut Okupansi Hotel di Destinasi Wisata Meningkat saat Libur Nataru: Full 100 Persen

Sandiaga menyebut, sebelumnya Presiden RI Joko Widodo pada 30 Desember 2022 secara resmi telah mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1602 seconds (0.1#10.140)