Mengenal Penyakit Mami Popon, Pendarahan Paru-Paru dan Stroke

Selasa, 03 Januari 2023 - 20:46 WIB
loading...
Mengenal Penyakit Mami Popon, Pendarahan Paru-Paru dan Stroke
Mengenal penyakit Mami Popon, pendarahan paru-paru dan stroke. Penyakit tersebut telah lama diidap nenek Raffi Ahmad ini. / Foto: Instagram @rans_sye
A A A
JAKARTA - Mengenal penyakit Mami Popon, pendarahan paru-paru dan stroke. Mendiang nenek Raffi Ahmad ini diketahui sudah lama mengidap stroke.

Akibat penyakit yang dialaminya itu, Mami Popon mengembuskan napas terakhir pada 31 Desember 2022.

Dengan usia lebih dari 80 tahun, memungkinkan kondisi almarhum bisa berat akibat sakit yang diderita selama ini. Hal tersebut disampaikan Mama Amy bahwa nenek dari Raffi Ahmad harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Baxa juga: Adik dan Kakak Novia Bachmid Ikut Audisi Indonesian Idol XII, Bikin Juri Terpukau

"Ibu saya sekarang lagi kena stroke. Semua organ tubuh juga sudah melemah. Umurnya juga 88 tahun. Waktu itu kena stroke di Bandung. Kemarin kena stroke kedua dan dibawa lagi ke rumah sakit," ujar Mama Amy seperti dikutip dari kanal YouTube KH Infotainment, beberapa waktu lalu.

"Ada sih terapi, dan karena 88 tahun, tenggorokannya udah mulai enggak berfungsi. Jadi, kalau minum, makan, klepnya udah enggak main, jadi sekarang pakai selang. Makanan semuanya masuk lewat selang," lanjut dia.

Lantas apa itu penyakit stroke dan bagaimana bisa hingga menyebabkan kematian? Seperti dilansir Medical News Today, stroke merupakan penyakit serebrovaskular. Ini berarti memengaruhi pembuluh darah yang memberi makan oksigen otak.

Apabila otak tidak menerima cukup oksigen, kerusakan bisa mulai terjadi. "Meskipun banyak stroke dapat diobati, beberapa dapat menyebabkan kecacatan atau kematian," tulis laman tersebut.

Sementara, terapi yang disebutkan Mama Amy tidak diperjelas, namun terapi saat almarhum masih hidup sempat dijalani sebagai upaya rehabilitasi (pemulihan).

Kemudian, Mama Amy menambahkan jika kondisi sang ibu sempat mengalami pendarahan di bagian paru-paru akibat infeksi. Menurutnya, itu efek dari stroke.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2442 seconds (0.1#10.140)