4 Menu Berbahan Tempe Rendah Kolesterol, Lengkap dengan Cara Membuatnya

Kamis, 05 Januari 2023 - 11:58 WIB
loading...
4 Menu Berbahan Tempe Rendah Kolesterol, Lengkap dengan Cara Membuatnya
Menu berbahan tempe rendah kolesterol penting diketahui bagi Anda yang punya atau khawatir terhadap gangguan kesehatan akibat lemak jahat. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Menu berbahan tempe rendah kolesterol penting diketahui bagi Anda yang punya atau khawatir terhadap gangguan kesehatan akibat lemak jahat.

Tempe menjadi salah satu hidangan yang kerap menghiasi meja makan keluarga Indonesia. Meskipun merupakan sajian yang sederhana, makanan ini memang tiada duanya. Enak, terjangkau, dan dapat disajikan dengan gaya apa pun.

Tempe terbuat dari kedelai yang dimasak sebagian dan difermentasi dengan sejenis jamur yang disebut rhizopus. Jamur ini terlihat pada permukaan tempe, berupa zat putih kabur yang menyatukan tempe (miselium).

Selain enak, tempe adalah sumber protein yang dapat digunakan sebagai alternatif daging. Oleh sebab itu, makanan ini populer di kalangan vegan dan vegetarian.



Meski begitu, tempe bisa menjadi salah satu sumber kolestrol jahat jika tidak diolah dengan tepat. Nah, karena itu, Anda bisa mengintip beberapa olahan tempe rendah kolestrol berikut ini yang bisa dibuat secara mudah dirumah. Apa saja itu? Berikut diantaranya, dikutip dari berbagai sumber, Kamis, (5/1/2023).

1. Pepes tempe

Pepes tempe menjadi makanan yang pas dikonsumsi saat diet karena merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Selain itu, sajian ini memiliki kalori dan kolestrol yang rendah.

Nah, pepes tempe ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang bosan dengan makanan yang hanya direbus saja. Selain tempe, kamu juga perlu menyiapkan daun jeruk, daun salam, bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri serta daun pisang.

Setelah itu, potong tempe, daun jeruk dan daun salam sesuai selera. Haluskan semua bumbu, kemudian tumis bersama dengan tempe. Bungkus adonan tersebut dengan daun pisang dan kukus selama kurang lebih 20 sampai 30 menit. Setelah itu, pepes tempe siap untuk disajikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2072 seconds (0.1#10.140)