Makanan Rendah Kolesterol, Ampuh Lawan Lemak Jahat

Senin, 27 Desember 2021 - 19:13 WIB
loading...
Makanan Rendah Kolesterol, Ampuh Lawan Lemak Jahat
Kacang-kacangan adalah salah satu makanan rendah kolesterol. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Bagi penderita kolesterol tinggi menjaga asupan makanan sangatlah penting, khususnya untuk mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Tanpa disadari makanan yang dikonsumsi seringkali tinggi lemak yang memicu kenaikan kolesterol. Kondisi ini tentu akan menyebabkan risiko jantung dan stroke.

Kadar kolesterol total yang kurang dari 200 mg/dL masih bisa ditoleransi. Jumlah kadar kolesterol 200-239 mg/dL sudah masuk pada ambang batas tinggi. Jika jumlahnya mencapai 240 mg/dL atau lebih termasuk tingkat kolesterol tinggi.

Jika Anda termasuk memiliki kolesterol tinggi, tidak perlu khawatir. Sebab dengan mengatur pola makan, maka risiko kolesterol ini dapat dicegah sejak dini. Melansir dari Better Me World, Senin (27/12/2021), penderita kolesterol tinggi sebaiknya memilih makanan yang mengandung lemak tak jenuh. Lemak baik ini tidak meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Sebaliknya jutru bisa menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Baca Juga : Obat Kolesterol Statin, Ini Waktu yang Tepat untuk Mengonsumsinya

Lemak tak jenuh ini sebenarnya bermanfaat karena dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah secara keseluruhan. Selain itu, lemak tak jenuh juga dapat memberikan energi bagi tubuh manusia. Adapun beberapa menu makanan yang mengandung lemak tak jenuh adalah:

1.Ikan

Makanan Rendah Kolesterol, Ampuh Lawan Lemak Jahat


Ikan seperti salmon, mackerel, atau tuna, sangat baik dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi.Mengonsumsi ikan yang tinggi omega 3 setidaknya dua sampai tiga kali seminggu dapat menurunkan kadar LDL. Omega 3 mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung dengan membantu mencegah timbulnya irama jantung yang abnormal.

2.Kacang-kacangan

Makanan Rendah Kolesterol, Ampuh Lawan Lemak Jahat


Kacang-kacangan seperti almond, kacang brazil, dan kenari mengandung magnesium, kalsium, dan vitamin E yang baik.kacang-kacangan juga disarankan untuk dikonsumsi karena dapat membantu melarutkan kolesterol yang berlebih.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1668 seconds (10.101#12.26)