Jauhi Stres, Ini 4 Cara Simpel Menjaga Kesehatan Mental

Kamis, 05 Januari 2023 - 12:34 WIB
loading...
Jauhi Stres, Ini 4 Cara Simpel Menjaga Kesehatan Mental
Menjaga kesehatan mental sangat penting dilakukan agar Anda lebih siap menghadapi tantangan yang akan datang di tahun ini. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Banyak orang yang menetapkan target atau resolusi saat menyambut tahun yang baru. Beberapa target tersebut, di antaranya memperbaiki diri, menambah ilmu, meningkatkan bisnis, menabung, karier dan hal-hal positif lainnya.

Akan tetapi, selain resolusi tersebut, sebaiknya juga harus diperhatikan kesehatan mental . Ini penting dilakukan agar Anda lebih siap menghadapi tantangan yang akan datang di tahun ini.

Agar Anda bisa lebih terbantu dalam menjaga kesehatan mental, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti dikutip dari Visinema.

Baca juga: Wajib Tahu! Begini Cara Cek Obat Sirup yang Aman Dikonsumsi Bagi Anak

1. Bersikap Baik pada Diri Sendiri

Pada tahun baru, Anda harus mencoba lebih memahami dan bersikap baik kepada diri sendiri. Jangan terlalu keras kepada diri sendiri, atau memaksakan target hingga Anda lupa menikmati hidup. Karena, hal itu bisa memicu stres.

Bila Anda pernah berbuat salah bukan sebuah masalah, karena itu bisa menjadi proses pembelajaran hidup dan perbaikan diri untuk ke depannya. Atur skala prioritas yang sejalan dengan tujuan hidup yang ingin Anda capai.

Selain itu, sering-seringlah memberi afirmasi positif pada diri sendiri, untuk menambah semangat menjalani hari. Namun, di sela-sela kesibukanmu, sebaiknya tetap meluangkan waktu untuk mengistirahatkan pikiran atau merawat diri. Jangan lupa juga pada pencapaian yang sudah Anda raih dan orang-orang di sekeliling yang menyayangimu.

2. Rutin Berolahraga dan Relaksasi

Olahraga teratur dan latihan relaksasi bisa berdampak besar bagi kesehatan mental. Karena olahraga bisa meredakan stres, meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat tidur lebih nyenyak. Bagi Anda yang tidak terbiasa berolahraga, cobalah dengan aktivitas yang ringan, seperti jogging di pagi hari, renang atau yoga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)