Jauhi Stres, Ini 4 Cara Simpel Menjaga Kesehatan Mental

Kamis, 05 Januari 2023 - 12:34 WIB
loading...
Jauhi Stres, Ini 4 Cara Simpel Menjaga Kesehatan Mental
Menjaga kesehatan mental sangat penting dilakukan agar Anda lebih siap menghadapi tantangan yang akan datang di tahun ini. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Banyak orang yang menetapkan target atau resolusi saat menyambut tahun yang baru. Beberapa target tersebut, di antaranya memperbaiki diri, menambah ilmu, meningkatkan bisnis, menabung, karier dan hal-hal positif lainnya.

Akan tetapi, selain resolusi tersebut, sebaiknya juga harus diperhatikan kesehatan mental . Ini penting dilakukan agar Anda lebih siap menghadapi tantangan yang akan datang di tahun ini.

Agar Anda bisa lebih terbantu dalam menjaga kesehatan mental, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti dikutip dari Visinema.

Baca juga: Wajib Tahu! Begini Cara Cek Obat Sirup yang Aman Dikonsumsi Bagi Anak

1. Bersikap Baik pada Diri Sendiri

Pada tahun baru, Anda harus mencoba lebih memahami dan bersikap baik kepada diri sendiri. Jangan terlalu keras kepada diri sendiri, atau memaksakan target hingga Anda lupa menikmati hidup. Karena, hal itu bisa memicu stres.

Bila Anda pernah berbuat salah bukan sebuah masalah, karena itu bisa menjadi proses pembelajaran hidup dan perbaikan diri untuk ke depannya. Atur skala prioritas yang sejalan dengan tujuan hidup yang ingin Anda capai.

Selain itu, sering-seringlah memberi afirmasi positif pada diri sendiri, untuk menambah semangat menjalani hari. Namun, di sela-sela kesibukanmu, sebaiknya tetap meluangkan waktu untuk mengistirahatkan pikiran atau merawat diri. Jangan lupa juga pada pencapaian yang sudah Anda raih dan orang-orang di sekeliling yang menyayangimu.

2. Rutin Berolahraga dan Relaksasi

Olahraga teratur dan latihan relaksasi bisa berdampak besar bagi kesehatan mental. Karena olahraga bisa meredakan stres, meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat tidur lebih nyenyak. Bagi Anda yang tidak terbiasa berolahraga, cobalah dengan aktivitas yang ringan, seperti jogging di pagi hari, renang atau yoga.

Lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari, guna mendapat manfaat yang maksimal. Selain itu, imbangi juga dengan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Ketika banyak pekerjaan yang menyita pikiran Anda, lakukanlah relaksasi dengan mengatur pernapasan untuk mengusir stres. Pejamkan mata dan tarik nafas dalam-dalam dengan perlahan dan buang pelan-pelan, kemudian ulangi beberapa kali hingga kamu merasa lebih tenang.

3. Mencurahkan Isi Hati (Curhat)

Saat Anda sedang mendapat masalah dan mengalami stres, terkadang Anda membutuhkan orang lain sebagai tempat cerita. Jangan ragu untuk berbagi cerita dan keluh kesah pada orang terdekat yang Anda percayai. Karena, hal itu akan membuat Anda lebih lega.

Bercerita pada orang lain soal masalah yang Anda alami, pun bisa membuatmu berpikir positif, serta mendapatkan saran dan Anda akan lebih mengenal diri sendiri.

Apabila sesuatu yang Anda hadapi terasa kian berat dan merasa tidak mampu mengatasinya, segera meminta bantuan keluarga, sahabat, teman, atau profesional kesehatan mental.

4. Tidur yang Cukup

Pola tidur memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kesehatan mental. Pasalnya, jika kondisi kurang tidur, tubuh akan merasa kelelahan fisik dan mental, dan meningkatkan risiko terkena penyakit kerena kekebalan tubuh melemah.

Baca juga: Awali 2023 Bersama Konten Pilihan Vision+, Ada Hotel Transylvania 3 hingga AFF Mitsubishi Electric Cup

Menurut The National Sleep, untuk orang dewasa, disarankan tidur selama 7-9 jam per hari untuk kesehatan yang optimal. Karena itu, Anda bisa untuk mencoba siklus jam tidur cukup yang teratur setiap hari, untuk menjaga kesehatan mental.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1156 seconds (0.1#10.140)