Bunda Perlu Tahu, Ini 4 Hal yang Memberikan Dampak Buruk terhadap Sistem Imun Anak

Jum'at, 06 Januari 2023 - 11:09 WIB
loading...
Bunda Perlu Tahu, Ini 4 Hal yang Memberikan Dampak Buruk terhadap Sistem Imun Anak
Selain makanan, ada beberapa hal atau aktivitas yang dapat memperlemah sistem imun, dan baik untuk diketahui para orang tua agar bisa dihindari atau dicegah. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Sistem imun atau sistem pertahanan tubuh merupakan sistem perlindungan yang ada di dalam tubuh guna menangkal virus, bakteri, atau radikal bebas yang dapat menyebabkan sakit pada tubuh anak maupun orang dewasa.

Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak belum memiliki sistem imun yang cukup kuat. Anak-anak cenderung mudah jatuh sakit karena kekebalan tubuhnya belum terbentuk sempurna.

Selain makanan, ada beberapa hal atau aktivitas yang dapat memperlemah sistem imun, dan baik untuk diketahui oleh para orang tua agar bisa dihindari atau dicegah untuk menjaga sistem kekebalan tubuh anak.

Baca juga: 5 Obat Alami Perbaiki Menstruasi yang Tak Teratur, Mudah Ditemukan

Berikut adalah 4 hal yang dapat memengaruhi sistem imun anak, seperti dilansir dari Nutrition For Kids pada Jumat (6/1/2023).

1. Gula

Mengonsumsi terlalu banyak gula memberikan dampak buruk bagi tubuh, seperti berkontribusi terhadap penambahan berat badan, memengaruhi keseimbangan gula darah, dan memengaruhi kesehatan gigi mereka.

Tetapi gula juga dapat berdampak langsung pada sistem kekebalan anak, yang bertindak sebagai penekan sistem imun.

Gula mengurangi kemampuan sel darah putih tubuh untuk berfungsi. Kemampuanya untuk melemahkan daya tahan tubuh anak tak hanya 1-2 jam setelah dimakan. Namun, penelitian menunjukkan fungsinya masih berpengaruh hingga 5 jam kemudian.

Penting untuk mengurangi gula tambahan yang dikonsumsi oleh anak yang mampu mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh nantinya. Carilah alternatif gula alami yang biasanya terkandung pada buah-buahan, dan jika Anda memberikan makanan kemasan perhatikan kandungan gula pada label kemasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2167 seconds (0.1#10.140)