5 Jenis Makanan yang Bisa Bantu Cegah Flu dan Pilek pada Anak

Jum'at, 06 Januari 2023 - 12:33 WIB
loading...
5 Jenis Makanan yang Bisa Bantu Cegah Flu dan Pilek pada Anak
Hujan menjadi salah satu hal menyenangkan bagi anak-anak untuk bermain dengan teman-teman sebayanya. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Hujan menjadi salah satu hal menyenangkan bagi anak-anak untuk bermain dengan teman-teman sebayanya. Bermain hujan bukanlah hal yang buruk, justru bermain hujan memberikan beberapa manfaat baik bagi perkembangan anak.

Salah satu manfaat bermain hujan adalah merangsang kreativitas dan imajinasi anak. Kendati demikian, tak semua anak memiliki daya tahan tubuh yang kuat, sehingga bisa memicu pilek atau flu setelah bermain hujan.

Guna menangkal kondisi tersebut, berikut 5 makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah pilek atau flu pada anak, seperti dilansir laman Parents dan Nutrition for Kids.

Baca juga: Bunda Perlu Tahu, Ini 4 Hal yang Memberikan Dampak Buruk terhadap Sistem Imun Anak

1. Yogurt

Probiotik adalah bakteri menguntungkan yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan dengan mengisi saluran gastrointestinal (GI), serta menyingkirkan bakteri jahat yang dapat menyebabkan penyakit.

Sumber makanan itu termasuk yogurt dan kefir (susu yang difermentasi), atau tanyakan kepada dokter anak tentang suplemen probiotik yang dapat dikonsumsi anak-anak.

Memberikan anak Anda semacam probiotik secara teratur adalah hal yang cerdas, terutama selama musim dingin dan flu seperti saat ini.

2. Jamur

Jamur adalah merupakan salah satu sumber makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang luar biasa, serta dikemas dengan sangat baik. Jamur mengandung berbagai vitamin dan mineral serta polisakarida, beta-glucan.

Beta-glucan membantu mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dan bekerja sebagai anti virus, anti tumor, anti bakteri dan anti oksidan. Hal ini membantu melindungi terhadap jahat virus, parasit, kanker dan bakteri yang menyebabkan sakit. Jamur bisa diolah menjadi sayur atau mungkin Anda ingin mencoba untuk dijadikan campuran telur dadar.

3. Biji Labu

Biji labu secara umum sangat penting untuk kesehatan anak Anda, tetapi untuk membantu anak melawan pilek dan flu. Biji labu mengandung asam lemak omega-3 esensial yang bertindak sebagai anti-inflamasi dan antioksidan.

Biji labu juga mengandung vitamin E yang memperkuat sistem kekebalan dan zinc yang membantu memastikan ada cukup sel darah putih dan sel T untuk melawan penyerang.

4. Apel

Quercetin yang ditemukan di kulit apel merah merupakan antioksidan kuat, anti-inflamasi dan anti-alergi.

Asupan apel yang tinggi dapat mengurangi asma hingga 24% dan beberapa penelitian menunjukkan penurunan kerentanan terhadap virus influenza. Kandungan polifenol dalam apel juga terbukti mengurangi gejala demam. Jadi secara keseluruhan apel sangat baik untuk melindungi sistem kekebalan tubuh kita.

5. Bawang Putih

Penggunaan bawang putih untuk mencegah dan mengobati pilek dan flu sudah ada sejak zaman penyembuhan kuno di berbagai budaya di seluruh dunia.

Baca juga: 5 Obat Alami Perbaiki Menstruasi yang Tak Teratur, Mudah Ditemukan

Bawang putih adalah antioksidan yang kuat dan menunjukkan efek antibakteri, antivirus, antijamur dan antiinflamasi. Pada dasarnya bawang putih adalah salah satu jenis dari makanan super. Bawang putih juga memiliki lebih dari 33 senyawa berbasis belerang yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu detoksifikasi.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2134 seconds (0.1#10.140)