4 Makanan yang Bisa Bantu Tidur Lebih Cepat, Cocok buat Penderita Insomnia

Jum'at, 06 Januari 2023 - 13:34 WIB
loading...
4 Makanan yang Bisa Bantu Tidur Lebih Cepat, Cocok buat Penderita Insomnia
Kadar mikronutrien dalam darah seperti magnesium, besi, dan seng, misalnya, telah dikaitkan dengan durasi tidur yang lebih lama. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Tidur yang cukup menjadi salah satu faktor penunjang kesehatan yang baik. Selain itu, terdapat sejumlah faktor lainnya, yakni pola makan, dan aktivitas fisik. Kesemuanya itu pun saling berkaitan.

Pada dasarnya makanan yang dikonsumsi memiliki hubungan dengan kualitas tidur Anda. Menurut sebuah studi pada 2016, kadar mikronutrien dalam darah seperti magnesium, besi, dan seng, misalnya, telah dikaitkan dengan durasi tidur yang lebih lama.

Sedangkan studi lain yang dilakukan pada 2021, menemukan bahwa lemak seperti asam lemak omega-3 dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur.

Baca juga: 5 Jenis Makanan yang Bisa Bantu Cegah Flu dan Pilek pada Anak

Seperti dilansir laman kesehatan Health Line, berikut 4 makanan yang bisa meningkatkan kualitas tidur Anda, bahkan untuk penderita insomnia sekalipun.

1. Almond

Almond adalah sumber nutrisi yang sangat baik. Mengonsumsi almond secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Hal ini dikaitkan dengan lemak tak jenuh tunggal yang sehat, serat, dan antioksidan.

Antioksidan dapat melindungi sel Anda dari peradangan berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit kronis ini.

Diklaim juga bahwa almond dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Dikarenakan kacang almond, dan beberapa jenis kacang lainnya, merupakan sumber hormon melatonin. Melatonin mengatur jam internal Anda dan memberi sinyal pada tubuh Anda untuk bersiap tidur.

Almond juga merupakan sumber magnesium yang sangat baik, menyediakan 19% dari kebutuhan harian Anda hanya dalam 1 ons. Mengonsumsi magnesium dalam jumlah yang cukup dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, terutama bagi mereka yang mengalami insomnia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2175 seconds (0.1#10.140)