Esport Sumbang Ekonomi yang Cukup Besar, Menparekraf Sandiaga Uno Siapkan Hal Ini

Sabtu, 07 Januari 2023 - 18:41 WIB
loading...
Esport Sumbang Ekonomi yang Cukup Besar, Menparekraf Sandiaga Uno Siapkan Hal Ini
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan bahwa olahraga esport jadi salah satu penyumbang ekonomi yang cukup besar. / Foto: Muhamad Fadli Ramadan
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan bahwa olahraga esport jadi salah satu penyumbang ekonomi yang cukup besar di Indonesia.

Hal tersebut membuat Menparekraf Sandiaga berinisiasi untuk menghadirkan regulasi demi mengembangkan game lokal.

Dalam pembukaan PUBG Mobile Global Championship (PMGC) 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 6 Januari 2023, Sandiaga Uno mengatakan, esport telah menyumbang pemasukan negara sebesar Rp31,25 triliun.

Baca juga: Bisa Kurangi Risiko Diabetes Tipe 2, Ini 5 Manfaat yang Mengesankan dari Apel

Sandiaga Uno juga menyampaikan, nama Indonesia bisa terangkat dari game dan olahraga esport. Terlebih, Indonesia juga memiliki atlet-atlet esport yang sudah bersinar di ajang internasional.

"Timnas esport berhasil meraih juara umum pada Kejuaraan Dunia di Bali tahun lalu. Untuk SEA Games dan Asian Games, kita persiapkan supaya meraih prestasi terbaik. Seperti SEA Games sebelumnya, kita meraih dua medali emas, dan diharapkan ini meningkat pada SEA Games dan Asian Games mendatang," tutur Menparekraf Sandiaga Uno.

Seperti diketahui, esport menjadi salah satu nomor yang diperlombakan pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang lalu. Sejak saat itu, dunia esport di Indonesia terus berkembang dan membuat pemerintah mulai memberikan perhatian lebih.

"Kita akan perkuat regulasi, kita akan perkenalkan satu terobosan inovasi terbaru mungkin melalui Perpres atau setingkatnya untuk mengembangkan sistem game kita. Kita akan terus mendorong inkubasi dan membantu promosi game-game lokal," ujar Sandiaga Uno.

Kehadiran PMGC 2022 di Indonesia juga diharapkan Sandiaga menjadi peluang bagi atlet esport Tanah Air makin berkembang. Selain itu juga memanfaatkan ajang tersebut untuk menunjukkan kemampuan di mata dunia.

"Tata kelola ekonomi digital kita mendorong banyak game-game lokal yang bisa naik kelas. Peluang seperti streamar, caster, coach, dan tim ini bisa terus berkembang, serta menjadi bagian daripada memperkuat kebangkitan ekonomi kita,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Kartikajaya menegaskan PMGC 2022 diharapkan dapat membauat Indonesia menjadi salah satu pusat esport dunia.

Baca juga: SZA Tepis Berseteru dengan Taylor Swift demi Posisi No 1 di Billboard 200

"Ini perupakan salah satu hasil dari upaya PBESI dan perintah Indonesia untuk mendukung keberlanjutan esport di Indonesia. Salah satunya dengan pembuatan regulasi dan peraturan yang dapat memberikan kepastian bagi ekosistem itu sendiri," kata Kartikajaya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1818 seconds (0.1#10.140)