Makanan Pantangan Penderita Kolesterol Tinggi, Sebaiknya Dihindari

Kamis, 12 Januari 2023 - 06:00 WIB
loading...
Makanan Pantangan Penderita Kolesterol Tinggi, Sebaiknya Dihindari
Makanan pantangan penderita kolesterol tinggi sebaiknya dihindari. Meski terasa enak, makanan ini bisa menyebabkan kolesterol naik meningkatkan risiko stroke. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Makanan pantangan penderita kolesterol tinggi sebaiknya dihindari. Meski terasa enak, makanan ini bisa menyebabkan kadar kolesterol naik sehingga meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti stroke hingga penyakit jantung.

Adapun makanan pantangan penderita kolesterol tinggi adalah hati dan jeroan. Kedua makanan ini merupakan sumber kolesterol yang sangat kaya dan bisa meningkatkan kadar lemak dalam darah Anda yang tentu saja berbahaya untuk kesehatan.

Meskipun hati dianggap sehat karena kandungan vitaminnya yang tinggi dan kandungan lemak jenuhnya yang rendah, konsumsinya dapat menyebabkan masalah kesehatan. Tanpa mengontrol kadar kolesterol, Anda menempatkan diri pada risiko serangan jantung atau stroke.

“Semua makanan hewani mengandung sedikit kolesterol,” kata Heart UK dilansir dari Express, Kamis (12/1/2023).



Namun, ini tidak berarti bahwa orang dengan kolesterol tinggi harus beralih ke pola makan vegetarian. Untuk mengelola kadar kolesterol, pola makan terbaik adalah diet jantung sehat. Heart UK menyarankan makan banyak buah, sayuran, dan makanan nabati.

“Sayuran, kacang-kacangan (seperti kacang polong, buncis dan lentil), buah-buahan, biji-bijian penuh dengan nutrisi dan baik untuk kolesterol dan jantung Anda,” jelas Heart UK.

“Masukkan setidaknya lima porsi buah dan sayuran sehari (masing-masing sekitar segenggam) untuk tetap sehat dan membantu Anda makan lebih sedikit makanan berkalori tinggi,” sambungnya.

Beberapa sumber protein yang sehat juga direkomendasikan dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Di antaranya adalah kacang polong, kacang-kacangan, biji-bijian, ayam dan daging merah tanpa lemak.



Sementara produk hewani mengandung kolesterol, lebih penting untuk menyadari kandungan lemak jenuhnya. Mengonsumsi makanan berlemak pada akhirnya dapat menyumbat arteri, yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan penyakit kesehatan lainnya.

Perombakan diet bisa menjadi tugas yang berat, jadi akan sangat membantu untuk memulai dari yang kecil dengan menyelesaikan pertukaran sederhana yang akan membantu kadar kolesterol. Misalnya, Anda bisa menukar camilan seperti keripik dengan memakan sepotong buah.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)