Hipomenorea: Pengertian, Penyebab, dan Gejalanya

Rabu, 11 Januari 2023 - 16:57 WIB
loading...
Hipomenorea: Pengertian, Penyebab, dan Gejalanya
Hipomenorea: pengertian, penyebab, dan gejalanya, perlu diketahui, terutama bagi wanita. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Hipomenorea: pengertian, penyebab, dan gejalanya, perlu diketahui, terutama bagi wanita. Hipomenorea merupakan salah satu gangguan haid yang istilahnya masih cukup asing, namun juga sering dirasakan para wanita.

Hipomenorea adalah gangguan menstruasi di mana darah haid yang keluar sangat sedikit. Kondisi ini juga menyebabkan masa haid atau menstruasi berlangsung lebih singkat.

Wanita yang mengalami kondisi hipomenorea sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan karena setiap wanita mungkin akan mengalami perubahan siklus hingga jumlah darah menstruasi yang keluar.

Baca juga: Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang dan Cara Meredakannya

Kendati demikian, ada juga wanita yang tak memiliki gangguan kesehatan apa pun tapi darah haidnya sedikit. Kondisi ini sebenarnya juga dipengaruhi riwayat keluarga dan keturunan.

Lantas, apa saja yang menyebabkan hipomenorea?

Penyebab hipomenorea bisa karena berbagai faktor, sehingga cara mengatasinya juga perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Seperti dilansir laman Alodokter, Berikut di antaranya:

1. Stres

Keseimbangan hormon menstruasi bisa dipengaruhi oleh stres yang akan memicu pelepasan hormon stres. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya gangguan menstruasi, termasuk hipomenorea, amenorrhea, atau bahkan tidak mens sama sekali. Namun, hipomenorea yang disebabkan oleh stres akan sembuh setelah stres teratasi.

2. Usia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1642 seconds (0.1#10.140)