Peringatan! Minuman Beralkohol Bisa Tingkatkan Risiko Kanker

Senin, 16 Januari 2023 - 05:50 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, dalam laporan terbaru tentang karsinogen, program Toksikologi Nasional Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS mencantumkan konsumsi minuman beralkohol sebagai karsinogen manusia yang diketahui.



Menurut Edward Giovannucci, MD, seorang profesor epidemiologi dan nutrisi di Harvard TH Chan School of Public Health di Boston, alasan utama alkohol bisa menyebabkan kanker yaitu karena menghasilkan karsinogen yang disebut asetaldehida di saat tubuh memetabolismenya.

Tubuh seseorang secara alami menghasilkan asetaldehida dalam jumlah kecil, namun dalam jumlah besar dapat menyebabkan kerusakan DNA, yang merupakan cara karsinogen menciptakan sel kanker abnormal.

Tidak hanya itu, minum alkohol dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan yang bersentuhan langsung dengannya, antara lain yaitu tenggorokan bagian atas, kerongkongan, dan perut.

Risiko kanker karena alkohol sendiri lebih rendah dibandingkan risiko yang dibawa oleh karsinogen lain yang lebih terkenal. Seperti merokok yang bertanggung jawab 20 persen dari semua kanker, dan 30 persen dari semua kematian akibat kanker di AS.
(tsa)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)
pixels