Peringatan! Minuman Beralkohol Bisa Tingkatkan Risiko Kanker

Senin, 16 Januari 2023 - 05:50 WIB
loading...
Peringatan! Minuman...
Minum minuman beralkohol merupakan salah satu faktor risiko utama berkembangnya kanker. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Minum minuman beralkohol merupakan salah satu faktor risiko utama berkembangnya kanker. Namun banyak orang yang tidak menyadari hal itu.

Sebuah artikel penelitian yang diterbitkan dalam Cancer Epidemiology, Biomarkers, and Prevention, sebuah jurnal dari American Association for Cancer, menunjukkan bahwa kebanyakan orang Amerika (lebih dari 50 persen) tidak mengetahui bagaimana minuman beralkohol memengaruhi risiko kanker.

Di sisi lain, sejumlah orang yakni sekitar 10,3 persen justru percaya bahwa anggur menurunkan risiko kanker.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi Dapat Meningkatkan Risiko Kanker Payudara, Waspada!

"Semua jenis minuman beralkohol, termasuk anggur, meningkatkan risiko kanker," ujar penulis studi senior William MP Klein, PhD, Direktur Asosiasi Program Penelitian Perilaku Institut Kanker Nasional, seperti yang dikutip dari Health.com, Senin (16/1/2023).

Klein menambahkan, temuan penelitian ini menggarisbawahi kebutuhan untuk mengembangkan intervensi mendidik masyarakat tentang risiko kanker dari penggunaan alkohol.

"Terutama dalam konteks dialog nasional yang berlaku tentang manfaat anggur bagi kesehatan jantung," lanjutnya.

Di sisi lain, penulis studi lain, Andrew Seidenberg mengatakan bahwa alkohol merupakan faktor risiko utama yang bisa dimodifikasi untuk kanker di Amerika Serikat.

"Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kebanyakan orang Amerika tidak mengetahui hal ini,” ujar Andrew Seidenberg.

Selain itu, pada studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam Cancer Epidemiology memperkirakan bahwa jumlah diagnosis kanker tahunan di AS yang dikaitkan dengan alkohol adalah sekitar 75.000, termasuk hampir 19.000 kematian akibat kanker.

Kini, alkohol pun dianggap sebagai faktor risiko pada setidaknya enam jenis kanker yang berbeda. Dari mulai kanker mulut, faring, laring, kanker esofagus, payudara, kolorektal, lambung hingga hati.

Sementara itu, dalam laporan terbaru tentang karsinogen, program Toksikologi Nasional Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS mencantumkan konsumsi minuman beralkohol sebagai karsinogen manusia yang diketahui.

Baca Juga: Sayuran Ini Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Perut, Sebaiknya Dihindari

Menurut Edward Giovannucci, MD, seorang profesor epidemiologi dan nutrisi di Harvard TH Chan School of Public Health di Boston, alasan utama alkohol bisa menyebabkan kanker yaitu karena menghasilkan karsinogen yang disebut asetaldehida di saat tubuh memetabolismenya.

Tubuh seseorang secara alami menghasilkan asetaldehida dalam jumlah kecil, namun dalam jumlah besar dapat menyebabkan kerusakan DNA, yang merupakan cara karsinogen menciptakan sel kanker abnormal.

Tidak hanya itu, minum alkohol dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan yang bersentuhan langsung dengannya, antara lain yaitu tenggorokan bagian atas, kerongkongan, dan perut.

Risiko kanker karena alkohol sendiri lebih rendah dibandingkan risiko yang dibawa oleh karsinogen lain yang lebih terkenal. Seperti merokok yang bertanggung jawab 20 persen dari semua kanker, dan 30 persen dari semua kematian akibat kanker di AS.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Isu Semprot Parfum di...
Isu Semprot Parfum di Leher Sebabkan Kanker dan Tiroid Ternyata Mitos, Ini Kata Dokter
Tips Sate Sehat Anti...
Tips Sate Sehat Anti Kanker ala Menkes, Cocok untuk Olahan Daging Kurban
Angka Kasus Kanker Tembus...
Angka Kasus Kanker Tembus 408 Ribu, Teknologi SPECT/CT Pertama Hadir untuk Putus Diagnosis Stadium Lanjut
Kanker Usus Besar Mulai...
Kanker Usus Besar Mulai Serang Kalangan Anak Muda, Jangan Sepelekan Gejala Ini
Perawatan Kanker Kini...
Perawatan Kanker Kini Mengarah pada Pendekatan Individual
Terbengkalai Bertahun-tahun,...
Terbengkalai Bertahun-tahun, Rumah Singgah Julia Perez untuk Pasien Kanker Butuh Renovasi Besar
Vaksin Kanker Buatan...
Vaksin Kanker Buatan Rusia Menunjukkan Hasil Awal yang Menjanjikan
Netanyahu Akui Terkena...
Netanyahu Akui Terkena Kanker Prostat setelah Tumor Ganasnya Diangkat
Mahasiswa UNEJ Buktikan...
Mahasiswa UNEJ Buktikan Reaktor Nuklir Bisa Dimanfaatkan untuk Terapi Kanker
Rekomendasi
RDP di Komisi II, Dirjen...
RDP di Komisi II, Dirjen Bina Adwil Kemendagri Ungkap 5 Kunci Penataan Lahan Pasuruan
Babak Pertama: Gol Ole...
Babak Pertama: Gol Ole Romeny Bawa Timnas Indonesia Ungguli Mozambik
Ajukan JC di Kasus Korupsi...
Ajukan JC di Kasus Korupsi MBG, Eks Waka BGN Sony Sonjaya Sebut 26 Nama di BAP
Berita Terkini
Tembus 40 Juta Views,...
Tembus 40 Juta Views, Adu Mekanik Sound Jadi Konten Paling Berkesan bagi Yongshun
Berkali-kali Muncul...
Berkali-kali Muncul Korban Tenggelam, Warga Mulai Curiga Ada yang Tak Beres di Tempat Ini
Confeti Love hingga...
Confeti Love hingga Moonlit Blush, Ini Makna di Balik Pendant Koleksi Baru Nagita Slavina x ISAGO
Siap Uji Nyali? Ini...
Siap Uji Nyali? Ini Deretan Rekomendasi Microdrama Horor di V+Short
Dari Suara Tawa hingga...
Dari Suara Tawa hingga Sosok di Atas Pohon, Ini Pengalaman Paling membekas bagi Angga ABK!
Betrand Peto Nangis...
Betrand Peto Nangis Lihat Video Viral Sarwendah: Kok Bunda Setega Itu
Infografis
5 Makanan yang Bisa...
5 Makanan yang Bisa Atasi Stres Akibat Kesepian
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved