Tren Wisata Spontan Kian Meningkat, Sandiaga Uno: Destinasi Spiritual dan Budaya Juga Jadi Daya Tarik

Senin, 16 Januari 2023 - 20:00 WIB
loading...
Tren Wisata Spontan Kian Meningkat, Sandiaga Uno: Destinasi Spiritual dan Budaya Juga Jadi Daya Tarik
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, tren wisata spontan atau liburan tanpa rencana mengalami peningkatan hingga 14 persen di 2022 lalu. Foto/Dok.Sindonews
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, tren wisata spontan atau liburan tanpa rencana mengalami peningkatan hingga 14 persen di 2022 lalu.

"Tercatat lebih dari 2,4 juta pemesanan dilakukan satu hari sebelum perjalanan, atau menariknya pada hari perjalanan dia baru memesan," katanya dalam Weekly Press Brief with Sandi Uno secara virtual, Senin (16/01/2023).

Sandiaga menjelaskan, ada beberapa wilayah favorit yang menjadi tujuan untuk wisata spontan ini. Di urutan pertama adalah Bali, kemudian disusul dengan Bandung, Yogyakarta, Jakarta dan Semarang.

"Dan destinasi spiritual dan budaya juga ternyata menjadi daya tarik kuat," ujarnya.



Sandiaga menambahkan, bahwa adanya tren wisata spontan ini pihaknya yakini, di 2023 ini akan mempercepat pencapaian 1, 4 miliar pergerakan wisatawan nusantara (wisnus). Serta didukung dengan adanya nilai kontribusi PDB Pariwisata di atas 4 persen.

Selain itu, adanya wisata spontan ini didukung dengan dicabutnya pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Sehingga menjadikan para wisatawan semakin leluasa untuk pergi liburan ke luar kota di Indonesia.

"Kami ingin wisata spontan menjadi momentum kita untuk mengambil keputusan, agar kebijakan-kebijakan bisa kita sesuaikan," terangnya.

Oleh karena itu, lanjut Sandiaga, untuk mewujudkan itu semua perlu digencarkannya kembali promosi pariwisata. Terlebih melalui digital experience.

"Harapannya bisa memberikan kontribusi dan sumbangsih yang besar, bagi kebangkitan pariwisata kita," pungkasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1644 seconds (0.1#10.140)