5 Cara Mencegah Kolesterol sejak Dini agar Tidak Tinggi, Anak Muda Wajib Tahu

Selasa, 17 Januari 2023 - 09:20 WIB
loading...
5 Cara Mencegah Kolesterol sejak Dini agar Tidak Tinggi, Anak Muda Wajib Tahu
Cara mencegah kolesterol sejak dini agar tidak menjadi tinggi wajib diketahui anak muda. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Cara mencegah kolesterol sejak dini agar tidak menjadi tinggi wajib diketahui anak muda yang kebanyakan doyan makan fast food dan mageran.

Ya, penyakit kolesterol kini sudah dialami banyak anak muda. Secara teori, penyakit kolesterol memang dapat menyerang siapa saja, tak mengenal usia ataupun kondisi badan. Semakin tinggi faktor risiko, semakin besar kemungkinan seseorang punya penyakit ini.

"Penyakit kolesterol tidak mengenal usia dan kondisi badan, karena banyak saat ini penderita kolesterol tinggi berusia muda dan badannya tak gemuk," ungkap laporan Kementerian Kesehatan, dikutip Selasa (17/1/2023).



Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia disebabkan oleh tingkat kolesterol yang terkandung dalam darah melebihi batas normal. Kondisi kolesterol tinggi dapat membahayakan nyawa, karena penyakit ini bisa memicu masalah serius seperti serangan jantung hingga stroke.

Untuk mengetahui kadar kolesterol dalam darah, tes tekanan darah bisa menjadi solusinya. Pun terapi menurunkan kolesterol tinggi, penderita akan secara rutin dijadwalkan berkonsultasi dengan dokter.

Di sisi lain, upaya pencegahan perlu dilakukan oleh mereka yang kadar kolesterolnya masih terkendali. Ingat, semakin dini Anda melakukan upaya pencegahan kolesterol, semakin kecil kemungkinan terkena penyakit ini.

So, bagaimana cara mencegah kolesterol tinggi sejak dini?

1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Jadi, diharapkan agar Anda membatasi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol dan hindari konsumsi minuman beralkohol. Sangat disarankan perbanyak makan buah dan sayur, serta ikan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)