10 Bahan Alami yang Bisa Digunakan untuk Mengobati Batuk

Rabu, 18 Januari 2023 - 07:58 WIB
loading...
A A A
Selain itu, kandungan dalam kencur juga dapat mengatur otot pada saluran pernapasan. Serta kencur bisa memberikan sensasi hangat seperti layaknya jahe.

6. Kacang Almond

Tak banyak mengetahui, bahwa kacang almond bisa dijadikan sebagai obat batuk alami lho. Jenis kacang-kacangan ini juga bisa mulai dari mengatasi sembelit, anemia, diabetes, gangguan jantung, bahkan sakit ringan seperti batuk.

Oleh karenanya Anda bisa mengonsumsi kacang almond yang sudah diolah, yakni dengan cara dipanggang. Hindari untuk menggorengnya, karena kandungan minyak bisa memperparah batuk.

7. Nanas

Rasa asam manis yang ada pada nanas, dapat menjadi obat batuk alami karena mengandung enzim bromelain. Kandungan bromelain dari enzim proteolytic dan protease ini, memiliki sifat anti inflamasi. Sehingga memecah dahak yang menggumpal , di bagian tenggorokan dan paru-paru.

Akan tetapi Anda harus perhatikan, jika dikonsumsi dengan obat antibiotik, enzim bromelain dalam nanas bisa mengurangi keampuhan obat dalam melawan bakteri.

8. Anggur

Selain nanas buah anggur juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Selain baik bagi kesehatan pencernaan, membersihkan usus, juga bisa memurnikan darah.

Tak hanya itu saja, anggur juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa dijadikan obat batuk. Sifat ekspektoran pada buah satu ini mampu mengeluarkan lendir yang menumpuk pada saluran pernapasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)